WWF Dukung Kegiatan Fashion First “Greener Nation”



Posted on 09 October 2008  | 
Jakarta - Organisasi konservasi WWF-Indonesia, mendukung kegiatan “Greener Nation” yang diadakan di butik Fashion First dan Promenade, Ground Floor (Exhibition) di Senayan City Jakarta. Serangkaian acara diselenggarakan selama satu bulan penuh, sejak 17 Oktober 2008 hingga 17 November 2008 termasuk di dalamnya perekrutan supporter WWF on-the-spot dan Exhibition yang diadakan mulai tanggal 17 Oktober 2008 – 27 Oktober 2008  yang mana kegiatan “Greener Nation” ini juga didukung oleh HSBC, Senayan City, Harper’s Bazaar, Kompas Urbana dan LG.

Di hari pertama, Fashion First mengadakan Press Conference dan Exhibition. Direktur WWF Program Iklim dan Energi, Fitrian Ardiansyah hadir sebagai pembicara dalam press conference tersebut. “Kami senantiasa mendukung upaya kreatif mencari solusi untuk membuat lingkungan hidup yang lebih baik, “ ujar Fitrian. “Menjadi fashionista yang ramah lingkungan berarti memilih bahan pakaian organik, meminimalisir penggunaan plastik sebagai sarana pembungkus, sampai membeli produk dalam negeri untuk mengurangi emisi karbon yang dihasilkan sektor transportasi, ” tambahnya.

Sementara, menurut Elshinta Suyoso-Marsden, Head of Corporate Communications and Branding WWF-Indonesia, “WWF berpartisipasi dalam “Greener Nation” sebagai upaya memasyarakatkan gaya hidup hijau kepada para pemerhati dan praktisi mode serta masyarakat perkotaan pada umumnya. “Kami ingin mendukung para kreatif dan perancang busana muda, seperti yang tergabung dalam Fashion First ini, untuk terus berkarya dengan memperhatikan sisi lingkungan”, melengkapi.

Di acara ini, WWF juga membuka stan kampanye selama satu bulan, tepatnya di promenade area di lantai dasar Senayan City. “Melalui stand ini, WWF mengajak pengunjung mal untuk mendukung aksi pelestarian lingkungan secara lebih berkelanjutan dengan menjadi Supporter WWF”, jelas Maitra Widiantini, Membership Manager.

Tak hanya itu, Fashion First juga meluncurkan booklet The Greener Fashionista Guide yang berisi 10 tips gaya hidup hijau dalam dunia fashion. Selain itu, tujuh tas kanvas berdesain unik juga diluncurkan sebagai pengganti kantong belanja plastik. Tas kanvas daur ulang tersebut dijual dan juga diberikan kepada pengunjung yang berdonasi minimal Rp 100.000,-. Fashion First mendonasikan seluruh hasil dari penjualan tas kanvas daur ulang tersebut kepada WWF untuk mendukung upaya mengkomunikasikan pentingnya pelestarian lingkungan di Tanah Air.

Info lebih lanjut, hubungi:
Nazla Mariza, Marketing Communications, email: nmariza@wwf.or.id , telp: +6221 576 1070 ext. 109, fax: +6221 576 1081
Verena Pupawardhani, Campaign Coordinator Climate and Energy Program, email: vpuspawardhani@wwf.or.id, telp +6221 576 1070 ext. 206, fax: +6221 576 1081

 

Catatan untuk Redaksi:

Tentang WWF-Indonesia:
WWF merupakan salah satu dari organisasi konservasi mandiri terbesar dan sangat berpengalaman di dunia, dengan hampir 5 juta Supporter dan memiliki jejaring global yang aktif di lebih dari 100 negara dan di Indonesia bergiat di lebih dari 24 wilayah kerja lapangan dan di 16 propinsi. Misi WWF-Indonesia adalah menyelamatkan keanekaragaman hayati dan mengurangi dampak ekologis aktivitas manusia. Selebihnya tentang WWF-Indonesia, silakan kunjungi website utama organisasi ini di http://www.panda.org; situs lokal di http://www.wwf.or.id; dan situs keanggotaan WWF-Indonesia di http://www.supporterwwf.org.

Tentang Supporter WWF:
Supporter WWF adalah komunitas pendukung yang dibentuk WWF untuk  melibatkan masyarakat Indonesia demi mendukung visi dan misi WWF dalam upaya konservasi alam. Program ini merupakan bagian dari upaya penyadartahuan publik terhadap isu lingkungan sekaligus upaya penggalangan dana demi kesinambungan kerja konservasi. Saat ini jumlah Supporter WWF di Indonesia mencapai 14.000 orang.

Tentang Fashion First

Butik yang didirikan oleh Frame 74 dengan menjual karya dari lima perancang busana muda Indonesia, yaitu Barli Asmara, Ichwan Toha, Rusly Tjohnardi, Adesagi and Priyo Octaviano. Fashion First memiliki visi untuk mendukung pengembangan dunia fashion Indonesia dengan mempromosikan perancang busana generasi muda. Misi Fashion First adalah berkompetisi dengan dunia fashion regional dan internasional.
 
Tentang Greener Nation

Kampanye yang digelar oleh Fashion First di Senayan City bersama WWF dan mitra lainnya untuk memasyarakatkan Eco-Fashion (segala sesuatu yang menyangkut lingkungan dan fashion) kepada masyarakat luas lewat serangkaian program selama 1 bulan yang banyak memasukkan unsur Reduce, Reuse and Recyle sekaligus Respect terhadap alam.