Earth Hour 2012: “Ini aksiku! Mana aksimu?”



Posted on 24 February 2012  | 

Jakarta (22/02)-Kampanye global untuk perubahan iklim, Earth Hour, kembali digelar. Tahun ini, Earth Hour Indonesia diselenggarakan untuk yang keempat kali. Aksi mematikan lampu secara sukarela selama satu jam akan dilaksanakan pada Sabtu, 31 Maret 2012 pukul 20.30-21.30 waktu setempat. Dengan perkembangan yang sedemikian pesat dari segi wilayah, partisipasi, dan pengakuan masyarakat dunia, Earth Hour tidak hanya menjadi kampanye simbolis lagi, namun telah menjadi sebuah gerakan perubahan.


WWF-Indonesia secara berkelanjutan mengusung kampanye ini untuk membangun kesadartahuan publik Indonesia, terutama di kota-kota besar di Jawa – Bali yang selama ini memiliki kemewahan akses listrik
paling besar dan cenderung boros dalam penggunaannya.


Dengan semangat tersebut, WWF-Indonesia mengajak semua pihak, mulai dari pemerintahan, korporasi, bisnis, media massa, komunitas, mahasiswa, dan pelajar untuk saling menyemangati, mengingatkan, dan merasakan manfaat Earth Hour dari tahun ke tahun.


Ini Aksiku! Mana Aksimu?
Komunitas pendukung Earth Hour selalu mengajak dengan memberi contoh. Oleh karena itu, tema Earth Hour Indonesia selalu berubah per tahun mengikuti prinsip “naik kelas” dari tahun sebelumnya dan mencari relevansi yang dekat dengan isu lokal.


“Pilih bumi selamat atau bumi sekarat?” kami pergunakan sebagai tema di tahun 2009, dilanjutkan dengan “Ubah dunia dalam 1 jam” di tahun 2010 untuk membuat mata publik Indonesia paham bahwa dukungan individu pun dapat berkontribusi pada perubahan dunia. Dengan perubahan tema menjadi “Setelah 1 jam jadikan gaya hidup” dan logo “60+” pada tahun 2011, diharapkan semangat Earth Hour dapat dilakukan tidak hanya setahun sekali dalam 1 hari dan 1 jam, namun bisa dilakukan setiap saat dalam kehidupan sehari-hari oleh siapapun dan dimanapun.
 


Tahun ini, semua pendukung kampanye yang telah melakukan aksi nyata sejak 2009 – 2011 melempar tantangan ke publik, terutama bagi yang belum mengenal Earth Hour agar termotivasi untuk ikut berpartisipasi juga. Nah, tema yang tepat untuk warga Indonesia adalah “Ini Aksiku! Mana Aksimu?”. Untuk memancing perubahan yang lebih besar, si penantang bersedia melakukan hal yang positif dan contoh aksi yang baik untuk lingkungan sesuai pesan Earth Hour jika targetnya terpenuhi oleh individu atau kelompok yang melaksanakan tantangannya.

 


Unduh Media Briefing "Earth Hour 2012: Ini aksiku! Mana aksimu?"


Lihat video "Ini Aksiku! Mana Aksimu?" di Youtube Earth Hour Indonesia

Earth Hour
Earth Hour
© WWF-Indonesia Enlarge
Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengumumkan angka penurunan energi sesaat setelah Earth Hour 2011 dilaksanakan
© WWF-Indonesia/Sandy Rizaldi Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus