Perjalanan Para Generasi Muda ke Jantung Borneo



Posted on 19 September 2012  | 
© WWF-Indonesia/Dery SuhendiEnlarge

Generasi muda perlu mengetahui tentang banyak isu tentang alam dan lingkungan, termasuk deforestasi, dan pembangunan berkelanjutan. Mereka perlu diberikan pengetahuan dan keterampilan dasar dan diberdayakan sebagai generasi berikutnya yang akan bersaksi, menjadi agen perubahan dan menjadi entrepreneur yang peduli lingkungan.

WWF menyadari bahwa pemuda merupakan salah satu komponen penting untuk mendukung konservasi dan pembangunan berkelanjutan dari Heart of Borneo di masa depan. Menindaklanjuti Lomba Debat Muda yang diselenggarakan oleh WWF Program HoB yang diadakan pada bulan April 2012 yang lalu, WWF sedang mempersiapkan perjalanan khusus bagi para siswa pemenang kompetisi tersebut.

Taman Nasional Danau Sentarum, sebagai salah satu kawasan penting di Heart of Borneo dan masyarakat lokal di Kabupaten Kapuas Hulu di Kalimantan Barat akan menerima kunjungan dari siswa Australian International School dan Global Jaya International School. Para siswa akan mengalami perjalanan ke Kalimantan, sebuah perjalanan yang menyenangkan dan edukatif, yang akan diingat seumur hidup, mengunjungi banyak tempat di mana WWF sedang melakukan program untuk merehabilitasi wilayah migrasi orangutan liar, menguatkan masyarakat lokal dan mempromosikan ekowisata berbasis masyarakat.

Perjalanan ini layaknya sebuah kelas alam  yang akan membawa siswa ke jendela lain untuk memahami dan menghargai nilai alam dan budaya. Selama 7 hari dari tanggal 28 September-4 Oktober 2012, mereka akan bertemu dengan siswa Kalimantan dan saling bertukar cerita, melihat dan mengalami pekerjaan konservasi untuk melindungi hutan, orangutan dan spesies penting lainnya, mengalami kehidupan masyarakat Dayak di rumah panjang, dan untuk melihat bagaimana alam menyediakan kebutuhan hidup bagi masyarakat setempat.

© WWF-Indonesia/Dery Suhendi Enlarge
© WWF-Indonesia/Ismu Wijaya Enlarge
© WWF-Indonesia/Noverica Widjojo Enlarge