PT Falak Jaya Furnitama bergabung dengan Indonesia Forest & Trade Network (IFTN) WWF



Posted on 27 February 2006  | 

Siaran Pers, Untuk segera disiarkan - 8 Desember 2005
Jakarta, Indonesia – PT Falak Jaya Furnitama, sebuah perusahaan mebel taman berlokasi di Tangerang (Jawa Barat) hari ini menandatangani Participation Agreement dengan Indonesia Forest & Trade Network (IFTN) WWF di kantor WWF Jakarta yang menandai komitmen perusahaan tersebut untuk membeli hasil hutan secara bertanggung jawab serta sertifikasi hutan. PT Falak Jaya merupakan anggota kedua IFTN, anggota pertama adalah PT Bangun Sarana Wreksa, perusahaan mebel lainnya.

Didirikan pada tahun 1998, PT Falak Jaya Furnitama adalah salah satu perusahaan mebel taman yang berkembang pesat di Indonesia. Keprihatinan akan pesatnya kerusakan sumber daya alam telah mendorong PT Falak Jaya Furnitama untuk memperoleh sertifikat Chain of Custody dari the Forest Stewardship Council (FSC) pada tahun 1999, yang menjamin produk kayunya berasal dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab. Mr. Chen Jung Thien, Direktur PT Falak Jaya Furnitama menegaskan “PT Falak Jaya senantiasa berupaya untuk menyediakan produk dan jasa dengan kualitas terbaik bagi para konsumen kami dengan cara mendukung dan mempromosikan praktek-praktek pengelolaan hutan terbaik melalui pembelian bahan baku secara bertanggung jawab.”

Diresmikan pada bulan Oktober 2003, IFTN bekerja sama dengan Forest and Trade Network lainnya di 30 negara yang mewakili lebih dari 400 perusahaan yang telah berkomitmen untuk mengelola hutan dan membeli hasil hutan secara bertanggung jawab, termasuk para retailer utama seperti IKEA, Carrefour, dan B&Q. Mubariq Ahmad, Direktur Eksekutif WWF-Indonesia menerangkan, “Dengan bergabung di IFTN, PT Falak Jaya akan mendapatkan manfaat dari jaringan global perusahaan-perusahaan yang bertanggung jawab serta memberikan contoh yang baik bagi para perusahaan-perusahaan lain.”

Indonesia Forest & Trade Network (IFTN) merupakan bagian dari Global Forest & Trade Network (GFTN), inisiatif WWF untuk memberantas pembalakan liar (illegal logging) dan meningkatkan pengelolaan hutan yang bernilai konservasi tinggi serta terancam. GFTN memfasilitasi jaringan perdagangan antara para perusahaan yang berkomitmen untuk mencapai dan mendukung pengolaan hutan yang bertanggung jawab, serta pada saat yang sama menciptakan kondisi pasar yang mendukung konservasi hutan dan memberikan manfaat ekonomi sosial bagi dunia bisnis serta masyarakat yang tergantung padanya.


Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Nurcahyo Adi, IFTN Coordinator (nadi@wwf.or.id atau + 62 21 576 1070)
Irwan Gunawan (igunawan@wwf.or.id atau 62 21 576 1070)
Rizal Bukhari (rbukhari@wwf.or.id atau 62 21 576 1070)
Natalie Giusti (ngiusti@wallacea.wwf.or.id) atau 62 361 231805

Atau kunjungi www.forestandtradeasia.org/indonesia