Kolaborasi Korporasi untuk Mendukung Earth Hour Demi Bumi yang Lestari | WWF Indonesia

Kolaborasi Korporasi untuk Mendukung Earth Hour Demi Bumi yang Lestari



Posted on 01 April 2017   |  
Switch-off Earth Hour 2017 di Central Park Mall dan Neo Soho Mall (25/03/2017).
Switch-off Earth Hour 2017 di Central Park Mall dan Neo Soho Mall (25/03/2017).
© WWF-Indonesia
Oleh: Renadia Kusuma Sanusi & Karenina Shevayarra (Volunteer Panda Mobile)
 
Earth Hour sudah menjadi gerakan publik yang dilakukan untuk menyelamatkan bumi. Tahun ini, Earth Hour melibatkan 178 negara, 7.000 kota, dan lebih dari 1 miliar orang di dunia. Individu, kelompok, korporasi, dan instansi pemerintah antusias berkontribusi dalam gerakan ini. Salah satunya adalah Central Park Mall dan Neo Soho.
 
Sabtu (25/03) yang lalu merupakan kali ke-7 Central Park berkontribusi dalam kegiatan Earth Hour. Tahun ini, Neo Soho juga untuk pertama kalinya turut mengikuti kegiatan yang didedikasikan untuk menyambut Hari Bumi pada 22 April mendatang. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah “Kindness for Earth” dan berkolaborasi dengan tiga pusat perbelanjaan lainnya, yaitu Kuningan City, Senayan City, dan Plaza Balikpapan. Kelima mal besar ini bersama-sama mengangkat kampanye #BeliYang Baik, yang ditujukan kepada para industri retail agar menjual produk yang ramah lingkungan dan kepada konsumen untuk memilih produk yang ramah lingkungan. Event ini secara rutin dilakukan bekerja sama dengan WWF, Komunitas Earth Hour, dan The Body Shop Indonesia.
 
Komunitas Earth Hour Indonesia merayakan Earth Hour tahun ini dengan membuat gerakan #SejutaAksi, yaitu sebuah movement yang mengajak satu juta individu (atau kelompok) untuk membuat dan mendonasikan kaus bekas untuk dijadikan tas belanja dalam upaya mengurangi penggunaan kantong plastik. Terkait dengan hal tersebut, WWF-Indonesia, Komunitas Earth Hour, dan Neo Soho Mall menggelar acara recycle workshop yang membahas cara membuat tas belanja dari kaus bekas di lantai 4 Neo Soho Mall beberapa waktu sebelum switch-off Earth Hour berlangsung. Hasil tas yang dibuat dari kaus bekas tersebut akan didistribusikan ke pasar-pasar tradisional di seluruh Indonesia. Hal ini tentu dapat membantu masyarakat mengurangi pemakaian plastik dan menggantinya dengan reusable bag.
 
[Baca juga: Earth Hour 2017: From Moment to Movement, Saatnya Nyalakan Aksi Nyata Ubah Gaya Hidup]
 
Dengan tujuan yang sama, The Body Shop membuat campaign yang bertemakan “Beautiful Earth Beautiful You” dengan memberikan satu poin untuk setiap pembeli yang mengembalikan sebuah botol kemasan The Body Shop yang sudah tidak terpakai untuk membantu mengurangi sampah yang tidak bisa terurai.
 
Pada pukul 20.30-21.30 WIB, Central Park mengadakan switch-off. Uniknya, para pengunjung dapat merasakan “Shopping & Dinner in The Dark.” Selain itu, toko - toko juga memberikan diskon khusus pada jam tersebut. Para pengunjung juga dapat memperoleh diskon hingga 23 April 2017 dengan syarat harus menggunakan reusable bag saat berbelanja. Pada saat switch-off di Central Park, pengunjung yang berada di sekitar panggung "Kindness for Earth" diberikan penerangan berupa lilin yang membentuk konfigurasi 60+.
 
Tanda plus (+) di belakang angka 60 memiliki arti bahwa kita tidak hanya berkontribusi dengan cara mematikan lampu selama 60 menit, namun juga melakukan aksi nyata sesudahnya.  Aksi nyata tersebut dapat berupa membeli produk yang ramah lingkungan, menggunakan reusable bag ketika belanja, menjaga flora & fauna, dan hal yang paling sederhana yaitu membuang sampah pada tempatnya. Hal sederhana yang dimulai dari diri kita sendiri dapat membantu merawat dan menjaga kelestarian bumi ini
 
 

Comments

blog comments powered by Disqus