Kunjungan ke AIWA Elementary School – Tokyo, Jepang | WWF Indonesia

Kunjungan ke AIWA Elementary School – Tokyo, Jepang



Posted on 10 October 2017   |  
Anak-anak murid SD AIWA di Jepang belajar untuk menganalisa tanaman.
© WWF-Indonesia/Program ESD
Pada tanggal 20 September, 2017 Kepala sekolah  SDN 010 Jambuk Makmur, salah satu sekolah di Kalimantan Timur mendapat kesempatan untuk studi banding ke Sekolah Dasar Negeri AIWA, Tokyo, Jepang. SDN 010 Jambuk Makmur adalah salah satu sekolah yang telah didampingi program ESD (Education for Sustainable Development) WWF – Indonesia sejak tahun 2011.

Baik Sekolah AIWA, Jepang  dan SDN Jambuk Makmur 010, Jambuk Makmur keduanya telah melakukan program ESD. Selain memiliki kurikulum yang memasukkan  topik lingkungan ke dalam mata pelajaran yang ada,  sekolah ini juga memiliki  kebun sekolah yang dikelola oleh murid dari kelas 1 sampai dengan kelas 6.

Sekolah AIWA memanfaatkan halaman sekolah, dimana setiap kelas mendapatkan sebidang lahan dan murid mempunyai tanggung jawab untuk memilih tanaman yang akan ditanam dan menjaga agar tanaman tetap sehat.  Tanaman yang dipilih oleh murid pun beragam antara lain sayuran, buah-buahan serta ternak ayam dan ikan dalam kolam. Kemudian hasil panen dari kebun dapat mereka nikmati bersama satu kelas. Hutan kota, yang terdapat di belakang sekolah pun menjadi bagian dari kegiatan pembelajaran dengan siswa.

Tidak banyak perbedaanya  yang berarti diantara kedua sekolah ini. Walaupun  satu sekolah berada di daerah perkotaan di Jepang dan satunya berada di penggiran kabupaten Kutai Barat yang minim fasilitas, tetapi keduanya memiliki semangat yang sama untuk memajukan bangsa dengan pendidikan yang baik untuk generasi mendatang.

Setelah berdiskusi dan  berkeiling  sekolah, kedua Kepala sekolah  sepakat akan terus berkomunikasi  dan saling berbagi antar kepala sekolah, guru dan murid. Semoga hal ini dapat berjalan  dengan baik. Mereka akan berbagi  melalui  website yang saat ini menjadi pusat informasi terkait program ESD di Borneo yaitu pustakaborneo.org


 
Anak-anak murid SD AIWA di Jepang belajar untuk menganalisa tanaman.
© WWF-Indonesia/Program ESD Enlarge
Kunjungan Kepala Sekolah SDN Jambuk Makmur ke SD AIWA di Jepang telah memberi semangat baru.
© WWF-Indonesia/Program ESD Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus