WWF dan Ancol luncurkan truk edukasi “Panda Mobile” kedua



Posted on 07 August 2012  | 
© WWF-Indonesia/Patricia DiniEnlarge

Jakarta (07/08)-Truk edukasi dengan enam roda “Panda Mobile" hadir kembali untuk publik. Kali ini WWF-Indonesia gandeng PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk sebagai mitra kampanye dan pendidikan lingkungan melalui kehadiran Panda Mobile kedua tersebut.


Untuk mendukung fungsi edukasinya, Panda Mobile with Ancol ini memuat ratusan buku bertema lingkungan, koleksi film lingkungan, beragam permainan edukatif untuk anak-anak seperti puzzle dan alat peraga, serta fasilitas multimedia seperti layar LCD projector berukuran 2x2 meter sebagai teater mini berkapasitas hingga 20 orang.


”WWF-Indonesia menyambut baik kemitraan dengan Ancol dalam Panda Mobile. Ini adalah bukti kemitraan yang cantik antara WWF dengan pihak korporasi dalam melakukan kegiatan edukasi lingkungan hidup kepada masyarakat umum. Di tahun ke 50 WWF berkarya di Indonesia, kami mengharapkan semoga semakin banyak pihak korporasi,pemerintah, sekolah dan komunitas yang mengajak partisipasi Panda Mobile with Ancol ini.” ujar Dr.Efransjah CEO WWF-Indonesia.


Kehadiran truk edukasi yang memiliki panjang hampir 7.5 meter ini merupakan wujud komitmen Ancol Taman Impian dalam menerapkan konsep education and entertainment (edutainment) sebagai basis pengembangan berbagai wahana dan program hiburan bagi para pengunjungnya. Bekerjasama dengan WWF Indonesia, Ancol mempersembahkan Panda Mobile sebagai bentuk apresiasi atas upaya WWF Indonesia dalam melakukan kampanye konservasi lingkungan.


“Kami bermaksud untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan melalui serangkaian aktivitas publik yang menghibur dan mendidik melalui Panda Mobile ini,” kata Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk (PJA), perusahaan pengembang kawasan wisata dan rekreasi terpadu Ancol Taman Impian.


Misi menyebarkan pesan konservasi kepada publik Indonesia melalui kegiatan kampanye dan edukasi ini juga memiliki perbedaan dalam setiap tingkatannya, seperti untuk tingkat taman kanak-kanak (TK), kegiatan didalamnya meliputi mewarnai, cerita dongeng, dan permainan edukatif. Sementara untuk tingkat SMP, SMA, dan publik secara umum, kegiatan edukasi diwujudkan dalam bentuk presentasi dan diskusi, simulasi konsep reuse-reduce-recycle (3R) melalui beragam aktivitas, membaca buku, hingga menonton film.


Panda Mobile with Ancol hadir untuk publik pada Pekan Libur Lebaran mulai tanggal 19 – 26 Agustus 2012 di Ocean Dream Samudra, Ancol. Tidak hanya itu, masyarakat juga dapat langsung menikmati fasilitas kendaraan edukasi ini pada jadwal-jadwal kegiatan Ancol Taman Impian seperti Flora Fest di Ecopark, Urban Fest, Ajang Kreasi Teens Go Green di Pasar Seni, dan pada saat Pekan Libur Tahun Baru 2013.


Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
  1. Susilowati Lestari , Public and Supporter Relations Manager , WWF-Indonesia, slestari@wwf.or.id
  2. Ikhsanul Khoiri , Public Engagement , WWF Indonesia , ikhoiri@wwf.or.id

Catatan untuk Editor
Tentang WWF-Indonesia
WWF adalah organisasi konservasi global yang mandiri dan didirikan pada tahun 1961 di Swiss, dengan hampir 5 juta suporter dan memiliki jaringan di lebih dari 100 negara. Di Indonesia, WWF telah menjadi entitas Yayasan WWF Indonesia dan bergiat di lebih dari 29 wilayah kerja lapangan dan 17 provinsi. Misi WWF-Indonesia adalah menyelamatkan keanekaragaman hayati dan mengurangi dampak ekologis aktivitas manusia. Untuk informasi selengkapnya mengenai WWF, kunjungi www.wwf.or.id

Tentang PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk
PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bisnis rekreasi, resor dan properti; yang merupakan pengelola dan pengembang Ancol Taman Impian atau biasa disebut Ancol. Sejak didirikan tahun 1966 sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol, perkembangan perusahaan semakin meningkatsehingga padatahun 1992 statusnya diubah menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol. Dalam penerapan strategi bisnis, Ancol menerapkan Good Corporate Governance untuk akuntabilitas dan transparansi publik serta Ancol Green Company yang menjalankan program Community Development dan pengembangan kawasan Ancol secara terintegrasi. Kunjungi www.ancol.com untuk informasi selengkapnya

Tentang Panda Mobile with Ancol
  • Panda Mobile with Ancol merupakan truk edukasi enam roda yang dioperasikan bersama antara WWF dan PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk untuk melakukan kampanye dan edukasi lingkungan kepada masyarakat di area publik.
  • Panda Mobile with Ancol merupakan pengembangan dari Panda Mobile yang sudah ada sebelumnya, diinisiasi PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk sebagai bentuk keikutsertaan dan apresiasi atas upaya WWF Indonesia dalam melakukan kampanye konservasi lingkungan.
© WWF-Indonesia/Patricia Dini Enlarge