Presiden RI Anugrahi Penghargaan Kepada WWF-Indonesia



Posted on 04 December 2012  | 
Oleh: Ciptanti Putri

 Dalam peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) pada 28 November 2012 lalu, yang juga menyambut Bulan Menanam Nasional (BMN) pada Desember mendatang, Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono memberikan penghargaan kepada WWF-Indonesia dan sejumlah pelaku usaha konservasi lainnya. Penghargaan ini diterima oleh WWF-Indonesia atas konsistensinya menghijaukan beberapa kawasan konservasi dan lahan kritis lewat sejumlah program, seperti NEWtrees dan MyBabyTree. Upaya-upaya WWF-Indonesia dinilai telah mendukung keberhasilan program pemerintah "Penanaman 1 Miliar Pohon" tahun 2011, khususnya di kawasan konservasi di tingkat nasional.
 
Penganugrahan ini diberikan kepada WWF-Indonesia karena WWF-Indonesia giat mengajak publik dan korporasi untuk menanam pohon. “Pemerintah menilai WWF-Indonesia telah mendukung program tahunan Penanaman 1 Miliar Pohon secara nasional. Selain itu, WWF-Indonesia juga dinilai sebagai salah satu NGO yang tidak pernah berhenti mengajak khalayak untuk menanam pohon, baik secara korporasi yakni lewat program NEWtrees, maupun individu lewat program MyBabyTree,” ujar Devy Suradji, Direktur Marketing dan Komunikasi WWF-Indonesia. Menurutnya, penghargaan ini tak hanya menjadi sebuah kebanggaan, namun juga sebuah pecutan bagi WWF-Indonesia agar terus menjaga kepercayaan korporasi dan individu yang telah menitipkan donasi mereka dalam program NEWtrees dan MyBabyTree. Devy mengatakan, esensi dari kedua program ini tak lain adalah mengenai transparansi, terutama pada penggunaan dana yang dititipkan korporasi dan individu. Oleh karena itu, WWF-Indonesia melengkapi kedua program deforestasi tersebut dengan aplikasi Geotag, program perawatan, serta program pengawasan terhadap pohon-pohon yang ditanam. “Penghargaan ini membuat kami semakin mawas diri dan terus konsisten dalam tanggung jawab moral menjaga kepercayaan korporasi dan individu,” imbuh Devy.
 
Selain kepada WWF-Indonesia, pada peringatan HMPI kali ini Presiden RI beserta Menteri Kehutanan juga memberikan penghargaan kepada para Gubernur, Bupati dan Walikota pemenang Lomba Penanaman Satu Miliar Pohon tahun 2011 Tingkat Nasional. Kementerian Kehutanan juga memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang turut berpartisipasi dalam Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon tahun 2011, di antaranya kepada para pelaku usaha non kehutanan; PT. Astra Internasional Tbk, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT. Adaro Energy, Tbk, Pt. Indominco Mandiri, dan PT Jarum. Untuk pelaku usaha sektor kehutanan, penghargaan diberikan kepada PT. Sarmiento Parakantja Timber (Kalteng), PT. Erna Juliawati (Kalbar), dan PT. Korintiga Hutani (Kalteng). Kelompok masyarakat pelaku usaha yang bermitra dengan industri perkayuan juga mendapat penghargaan. Sejumlah pelaku usaha konservasi lain yang dianugrahi penghargaan bersama dengan WWF-Indonesia, antara lain PT. Murindra Karya Lestari (Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta), PT. Adhiniaga Kreasinusa-Artha Graha Peduli (Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Lampung), dan PT. Trimbawan Swastama Sejati (TN Bali Barat). 

Pada kesempatan itu, Presiden SBY bersama dengan seluruh Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II serta para pejabat tinggi negara dan duta besar negara sahabat menanam pohon di Kawasan Hutan Kota, Komplek Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta. Presiden SBY menanam pohon Manglid (Manglieta glauca), Ibu Negara Hj. Ani Bambang Yudhoyono menanam Sempur (Dillenia SP), Wakil Presiden Boediono menanam Tanjung (Mimusops elengi), Ibu Wakil Presiden Hj. Herawati Boediono menanam Kenari (Canarrium S), dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menanam Cempaka (Michelia champaca) serta Ibu Menteri Kehutanan Soraya Zulkifli Hasan menanam Sawo Kecik (Manilkara kauki). Pada kesempatan tersebut juga turut menanam pohon para pimpinan MPR RI, DPR RI, dan DPD RI.
Anugrah dari Presiden RI dalam HMPI 2012
© WWF-Indonesia Enlarge
Presiden RI Anugrahi Penghargaan kpd WWF di Hari Menanam Pohon 2012
© WWF-Indonesia Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus