Mengenal Hewan Langka Lewat Lomba Gambar



Posted on 21 June 2006  |   |  en  |  id

Lihat ada gajah, harimau, badak jawa, penyu dan masih banyak gambar hewan langka yang lucu, muncul diatas kaos. Sebagian merupakan hasil karya Jessica, Tasya, Adrianella, Rizkia Amelia, Miko dan Lina para pemenang lomba gambar hewan langka yang diselenggarakan oleh WWF-Indonesia, Supermall Karawaci dan Painting on T-shirt. Selain mendapatkan trophy dan juga banyak hadiah dari para sponsor, para pemenang juga peserta lainnya juga belajar mengenal hewan-hewan yang dilindungi...

para pemenang lomba gambar di kaos © WWF-Indonesia/Ida, 2006
Pada minggu, 23 April 2006, pelataran food court Supermall Karawaci, Tangerang Banten, dipenuhi oleh sekitar lima puluh anak berusia dibawah 12 tahun yang asyik melukis di atas kaos. Seolah tidak terganggu dengan suasana sekitar yang ramai, mereka menggambar berbagai hewan langka seperti gajah, harimau, penyu hingga panda, hewan hitam putih maskot WWF. Gambar mereka, bagus-bagus ya…

Jessica, pemenang pertama © WWF-Indonesia/Ida, 2006
;Gajah, harimau, badak bercula satu..” jelas Miko pemenang ke 5, saat ditanyakan jenis-jenis hewan langka di Indonesia.  Peserta lomba yang duduk dikelas 6 SD ini setuju bahwa hewan langka harus dilindungi,”Kalau tidak, nanti punah dan kita tidak bisa melihatnya lagi,” tambah pemenang ke lima lomba gambar ini.

Tassya, pemenang kedua © WWF-Indonesia/Ida, 2006
Jessica, pemenang pertama lomba yang duduk dikelas tiga SD, dengan riang mengungkapkan kegembiraannya menggambar berbagai hewan langka “Habisnya lucu-lucu sih, jadi sayang kalau nanti mereka tidak ada lagi”. Sementara Rizkia Amelia, peserta yang berasal dari SD YPWKS Cilegon, yang memilih menggambar penyu, malah baru tahu kalau penyu merupakan hewan yang dilindungi dari brosur yang dibacanya. 

Adriella, pemenang ketiga © WWF-Indonesia/Ida, 2006
Brosur  WWF-Indonesia merupakan sumber mencari inspirasi tentang hewan langka yang dipilih peserta untuk digambar. Hewan-hewan langka ini tampil dalam bentuk yang lucu dan penuh warna, sesuai dengan imaginasi para peserta. ”Ya, kegiatan ini cocok sekali untuk anak-anak belajar lingkungan, apalagi waktunya berdekatan dengan hari bumi jadi mereka bisa belajar”, demikian komentar ayah salah seorang peserta.

Rizkia, pemenang keempat © WWF-Indonesia/Ida, 2006
Lomba Gambar Hewan Liar di atas kaos bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian anak-anak terhadap nasib kehidupan liar yang kian terancam. Harapannya, melalui kegiatan yang disukai anak-anak ini, dapat mendorong anak-anak untuk  mengenal berbagai hewan yang dilindungi di Indonesia sekaligus belajar tentang lingkungan secara keseluruhan.  

Miko, pemenang kelima © WWF-Indonesia/Ida, 2006
Bukan hanya anak-anak saja yang belajar tentang lingkungan, sebagian orang tua yang mengantarkan mereka atau pengunjung juga menjadi tertarik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.  Bahkan beberapa diantaranya bergabung menjadi Supporter WWF-Indonesia agar dapat berperan serta untuk mendukung kegiatan konservasi.

Lina, pemenang keenam © WWF-Indonesia/Ida, 2006
Sepertinya, kegiatan yang popular dapat menggugah kepedulian masyarakat kota terhadap isu lingkungan.  Semoga dengan semakin sering melakukan kegiatan ini, semakin banyak masyarakat yang bersedia aktif dalam upaya mengelola dan menjaga  lingkungan.  

Jadi jangan ketinggalan untuk bergabung dalam kegiatan WWF-Indonesia lainnya. 
 

© WWF-Indonesia Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus