Koki selebriti Bobby Chinn memasak seafood berkelanjutan pada Coral Triangle Day



Posted on 25 May 2012  |   |  en  |  id

Bali, Indonesia – Koki pemenang penghargaan bergengsi, Bobby Chinn, akan meramaikan perayaan Coral Triagle Day, 9 Juni 2012, dengan memasak sajian mewah berbahan seafood yang ditangkap dengan cara ramah lingkungan di beberapa restoran pilihan di Bali, Indonesia.


“Perayaan Coral Triangle Day adalah penghargaan terhadap keajaiban laut kita dengan partisipasi aktif dari setiap individu, termasuk saya sebagai seorang koki. Saya membantu meningkatkan kesadartahuan mengenai pentingnya konsumsi seafood yang berkelanjutan dengan penyajian yang lezat dan kreatif,” tukas Bobby Chinn.


Aktivitas tangkapan berlebih dan merusak di dunia perikanan memberikan acaman luar biasa kepada area pusat keanekaragaman hayati laut, Segitiga Terumbu Karang (Coral Triangle –red).


Area Coral Triangle meliputi enam negara di Asia-Pacific termasuk Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste, dengan kekayaan jenis ikan karang lebih dari 3.000 jenis.


Area tersebut juga dikenal sebagai area pemijahan dan jalur perlintasan migrasi berbagai macam jenis tuna yang memiliki nilai jual tinggi seperti tuna Sirip Kuning, tuna Mata Besar, serta Cakalang, dengan total produksi sebesar 1/5 dari total produksi dunia.


Namun, dampak dari kerusakan tersebut kini mengancam kelestarian area Coral Triangle sekaligus mengancam 120 juta jiwa manusia yang bergantung pada sumber daya yang disediakannya.


Besarnya permintaan seafood dari Asia, Amerika Utara, dan Eropa telah mengancam ekosistem yang rapuh ini akibat aktivitas perikanan yang tidak sesuai dengan koridor lingkungan.


“Ikan-ikan tersebut telah dipanen jauh melebihi kemampuannya untuk beregenerasi karena penangkapannya berlebihan dengan cara yang sangat merusak. Sekarang saatnya konsumen mulai bertanya darimana asal dan cara penangkapan seafood yang dihadirkan di meja makan mereka,” lanjut Chinn.


“Karena alasan itu, saya bangga dapat membawa pesan ini dalam perayaan Coral Triangle Day sehingga permasalahan ini dapat dipahami oleh semua orang dan mereka dapat menjadi bagian dari solusinya,” tambah Chinn.


Bobby sendiri akan melakukan demonstrasi memasak di beberapa restoran seperti Restoran Gado Gado dan Métis di Seminyak, Semara Luxury Villa Resort di Uluwatu, serta beberapa restoran yang dikelola masyarakat di Desa Kedonganan, Teluk Jimbaran.


Bobby yang juga seorang pembawa acara TV dan pengelola restoran akan menyiapkan menu-menu yang menggiurkan menggunakan bahan-bahan seafood yang ditangkap secara ramah lingkungan seperti udang, kerapu, dan tuna, serta beberapa bahan lokal lainnya.


Sebagai wujud perayaan Hari Kelautan Sedunia, Coral Triangle Day akan mempertemukan individu-individu, organisasi-organisasi, serta semua pihak yang terkait dalam menjaga ekosistem yang sangat kaya melalui beberapa aktivitas seperti bersih-bersih pantai, makan malam dengan seafood yang ramah lingkungan, pameran pendidikan, bazar dengan tema kelautan, serta perayaan seni di pantai.


Lebih lanjut dapat di klik www.thecoraltriangle.com/day untuk informasi perayaan di tempat lain, dan bagaimana masyarakat dapat berpartisipasi di daerahnya sendiri.

 

-----------------


Catatan untuk editor:
  • Kawasan Segitiga Karang (Coral Triangle) merupakan lokasi kelautan dengan tingkat keanekaragaman hayati karang paling tinggi di bumi, sama pentingnya dengan hutan hujan Amazon dan dataran rendah Kongo bagi kehidupan planet ini. Memiliki lebih dari 500 jenis karang, meliputi 6 juta hektar luasan laut yang dinaungi oleh 6 negara – Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste.
  • Coral Triangle merupakan rumah bagi 3000 spesies ikan karang dan komoditas perikanan bernilai ekonomi tinggi seperti tuna. Coral Triangle juga merupakan rumah bagi lumba-lumba, paus, hiu, pari, serta 6 dari 7 jenis penyu yang ada di dunia.
  • Secara langsung, kawasan Coral Triangle mendukung kehidupan 120 juta lebih individu dari pemasukan perikanan maupun industri pariwisata.
  • Infomasi lebih lanjut silakan: www.panda.org/coraltriangle serta http://wwf.panda.org/what_we_do/where_we_work/coraltriangle/events/coraltrianglefishersforum/

Kontak:
Dewi Satriani, Communications Manager, WWF-Indonesia, Tel: 0811 910 970, Email: dsatriani@wwf.or.id

Comments

blog comments powered by Disqus