Sahabat Harimau | WWF Indonesia

Sahabat Harimau



 Bahasa   English
Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) merupakan satwa endemik Indonesia yang populasinya saat ini tersebar dalam populasi-populasi kecil di dalam dan di luar kawasan konservasi di Sumatera. Diperkirakan populasi yang tersisa di habitat alaminya hanya 300 - 400 ekor dan jumlahnya akan terus berkurang apabila kerusakan hutan sumatera terus berlanjut.
 

Harimau Sumatera

Harimau Sumatera adalah harimau terakhir Indonesia - setelah harimau Bali pada dekade 40-an dan harimau Jawa pada dekade 80-an dinyatakan punah. Kepedulian terhadap masa depan 'raja hutan' di habitat alaminya mendorong WWF-Indonesia terus melakukan upaya terpadu untuk melindungi harimau Sumatera

 Mengapa (Harimau Sumatera)? 

Harimau Sumatera sebagai pemangsa puncak dalam rantai makanan memiliki peranan penting menjaga keseimbangan ekosistem. Satwa ini membutuhkan habitat yang khas sebagai tempat hidupnya: adanya tutupan hutan yang luas untuk tempat berteduh, beristirahat, berlindung dari terik matahari dan hujan, ketersediaan air yang memadai untuk minum, mandi dan berenang serta ketersediaan mangsa (pakan) yang cukup. Sebagai penjaga keseimbangan ekosistem hutan, ia berperan melindungi kelestarian dan menyelamatkan hidupan liar lainnya yang pada akhirnya  kesejahteraan manusia pun ikut terjaga.
 

Tahukah Anda?

  • Harimau sumatera adalah perenang yang handal karena memiliki selaput diantara jari-jarinya; berkebalikan dengan kucing peliharaan yang tidak menyukai air
  • Motif belangnya yang berwarna oranye dan hitam merupakan kekuatannya untuk kamuflase
  • Motif belangnya juga berfungsi sebagai pembeda setiap individu harimau dengan individu lainnya, sama halnya dengan pola sidik jari manusia.

 


SAHABAT Harimau

WWF-Indonesia menyadari pentingnya partisipasi masyarakat dalam upaya-upaya penyelamatan harimau sumatera. Oleh karena itu, WWF-Indonesia meluncurkan inisiatif program “SAHABAT harimau” sebagai jawaban sekaligus tantangan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kelangsungan generasi harimau sumatera di masa depan.
 
Bantu kami menyelamatkan harimau Sumatera.
Anda dapat membantu tim riset harimau WWF-Indonesia di lapangan dan tim peneliti kami untuk memonitor populasi dan mengamati perilaku serta mencegah gangguan yang mungkin mengancam harimau sumatera dengan bergabung dalam Program “SAHABAT harimau”.

WWF-Indonesia meluncurkan paket donasi untuk setiap individu yang ingin membantu dan berpartisipasi aktif dalam konservasi harimau sumatera.

Kontribusi Anda dalam Upaya Penyelamatan harimau Sumatera
Anda dapat membantu tim WWF Indonesia yang bekerja di lapangan untuk menyelamatkan harimau Sumatera dengan donasi minimal Rp 100.000,00 (Seratus Ribu Rupiah) setiap bulannya atau Rp 750.000,00 (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) untuk donasi satu kali. 

Namun Anda dapat menambah jumlah donasi sesuai dengan yang Anda inginkan.  Donasi Anda sangat berarti bagi kelestarian harimau Sumatera dan habitatnya dan tentu saja untuk kesejahteraan generasi sekarang dan akan datang.

Donasi dapat dilakukan via online, auto debit kartu kredit VISA/MASTER/AMEX, atau auto debit rekening tabungan Mandiri.
 

Paket Sahabat Harimau
Anda akan mendapatkan paket istimewa ini jika Anda bergabung menjadi Sahabat Harimau
 

 
Boneka Harimau   Member Card

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kirim email ke:
supporter-service@wwf.id 


atau hubungi Contact Center kami di nomor 021-5761076

WWF-Indonesia bekerjasama dengan PT. Karyaputra Suryagemilang (KPSG) dalam aktifitas Telefundraising dan di bawah ini adalah nomor telepon resmi outbond call program Telefundraising: 

Phone :+62 21 2789 6289
Handphone : 0856 9341 3419 
Fax : +62 21-527 3252
Donasi untuk pelestarian harimau melalui UMB *123*50# (khusus untuk pengguna Indosat Ooredoo)
  • Mengenal Alam dan Budaya Sumatera 
	© WWF-Indonesia