Dimana Lokasi WWF Bekerja? | WWF Indonesia

Dimana Lokasi WWF Bekerja?



Saat ini fokus kerja WWF adalah tempat-tempat penting yang menjadi pusat keanekaragaman hayati tertinggi dunia, yang umum dikenal dengan nama Global 200 Ecoregion, dimana 19 diantaranya ada di Indonesia. Program konservasi yang kami kerjakan, mencakup bentang lahan (landscape) dan  bentang laut (seascape) yang tersebar di 28 lokasi di 17 propinsi di Indonesia.

Kami percaya bahwa menjaga dan mempertahankan keanekaragaman hayati dan jasa lingkungan, sama pentingnya dengan transformasi tata kelola sumberdaya alam  agar menjadi lebih lestari dan berkeadilan, demi kesejahteraan generasi sekarang dan mendatang.

Program kerja konservasi kami di lapangan mencakup 12 juta hektar ekosistem penting di wilayah daratan dan enam juta hektar ekosistem laut.

Lokasi dimana kami bekerja dikelompokkan berdasarkan wilayah yaitu Sumatera dan Jawa, Kalimantan, Papua serta Sulawesi, Nusa Tenggara dan Maluku.

 
 
Saat ini, WWF Indonesia terlibat langsung dalam implementasi pengelolaan Marine Protected Areas (MPAs) atau Kawasan Konservasi Laut (KKL) di kawasan seluas 4,9 juta hektar dari total 15,8 juta hektar yang ada di Indonesia.

Dalam satu dekade terakhir, WWF telah membantu memfasilitasi pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dalam penetapan 1,52 juta hektar kawasan konservasi laut yang baru.
Bagaimana strategi kami bekerja di lapangan?
  • Kami menggunakan pendekatan lanskap dalam upaya mengelola koridor dan zona penyangga dan landskap dengan nilai keanekaragaman hayati tinggi.
  • Kami mengembangkan alat-alat dan pendekatan yang inovatif. Kami bekerja dengan masyarakat asli dan masyarakat lokal untuk mengenali/mengidentifikasi dan melindungi hak-hak mereka sebagai penjaga sumberdaya alam dan jasa ekosistem yang menjadi tumpuan hidup mereka .
  • Kami bermitra dengan pemerintah, masyarakat lokal, organisasi masyarakat madani, LSM, ilmuwan dan akademisi serta sektor swasta. Kami membangun kapasitas para pemangku kepentingan untuk meningkatkan efektivitas dan sinergi pengelolaan kawasan konservasi
  • Kami bekerja bersama masyarakat lokal dan mereka yang memiliki hak ulayat untuk melindungi habitat dan spesies kunci dan mengembangkan struktur tata kelola yang efektif dan berkeadilan –baik melalui manajemen kolaboratif atau berbasiskan masyarakat -- pada kawasan yang dilindungi.

Related Links

Kehutanan, Perkebunan dan Perikanan
Iklim dan Energi Terbarukan