Selamat Ulang Tahun Gajah Rimbani! | WWF Indonesia

Selamat Ulang Tahun Gajah Rimbani!



Posted on 01 June 2017   |  
Rimbani
Rimbani
© WWF-Indonesia/ Hendra Ferdian
Oleh: Natalia Trita Agnika
 
wwf.id/elephantwarrior
 
Hari ini, 1 Juni, tepat setahun yang lalu, anak gajah Rimbani lahir di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Kabupaten Pelalawan Riau. Anak gajah ini adalah anak ketiga dari induk gajah bernama Lisa yang merupakan gajah anggota Elephant Flying Squad sejak April 2004. Lisa bertugas melakukan patroli untuk penanganan konflik manusia-gajah di sekitar TNTN. Kantong gajah Tesso Nilo merupakan kantong gajah dengan populasi yang tertinggi di Riau. Pada 2011-2014, kematian gajah di wilayah ini tinggi akibat konflik dan perburuan liar. Bahkan, beberapa individu gajah jantan kehilangan gadingnya oleh aktivitas pemburu dengan cara ditembak atau diracun.

[Tonton video: Detik-Detik Kelahiran Anak Gajah di Taman Nasional Tesso Nilo]

Layaknya anak-anak berusia satu tahun, gajah Rimbani sedang terlihat lucu-lucunya. Tingkahnya yang menggemaskan membuat banyak orang jatuh hati dan terpikat. Salah satunya adalah tingkah Rimbani ketika sedang belajar berenang bersama sang induk. Dengan belalai imutnya, Rimbani berusaha berpegangan pada induknya.

[Tonton video: Gajah Rimbani Belajar Berenang]
 
Kini di usianya yang menginjak satu tahun, Rimbani sudah semakin mandiri. Gajah kecil ini sudah bisa makan sendiri, mengambil makanan sendiri, dan minum sendiri. Dia dapat mencabuti rumput dengan belalainya. Kemandirian ini merupakan hal yang positif supaya gajah dapat bertahan hidup di habitatnya.
 
Kelahiran gajah Rimbani setahun yang lalu cukup istimewa karena baru kali ini kelahiran gajah dapat terekam cukup baik. Proses kelahirannya terpantau melalui CCTV yang telah dipasang di tempat yang telah disiapkan untuk menyambut kelahiran anak gajah tersebut di Camp Elephant Flying Squad. Nama Rimbani merupakan nama pemberian dari Wakil Presiden, Jusuf Kalla dengan harapan baru bagi konservasi gajah di Indonesia, khususnya di Tesso Nilo.

Ulang tahun Rimbani ini dapat menjadi simbol harapan baru bahwa hutan Tesso Nilo akan dapat kembali menjadi hutan rimba yang layak menjadi habitat gajah Sumatera. Mari berikan kado terindah bagi Rimbani dengan komitmen kita untuk berani menjaganya dan saudara-saudaranya dari kepunahan. Jadilah ELEPHANT WARRIOR!

Selamat ulang tahun, Rimbani!

wwf.id/elephantwarrior
Rimbani
Rimbani
© WWF-Indonesia/ Hendra Ferdian Enlarge
Rimbani
Rimbani
© WWF-Indonesia/ Hendra Ferdian Enlarge
Rimbani dan induknya.
Rimbani dan induknya.
© WWF-Indonesia/ Hendra Ferdian Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus