Heart of Borneo di Pertemuan APEC 2013



Posted on 01 November 2013  |   |  en  |  id
Peserta pertemuan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2013 yang diselenggarakan di Bali awal Oktober ini mungkin telah lebih mengenal Heart of Borneo (HoB), melalui keikutsertaan Kelompok Kerja Nasional (Pokjanas) HoB di event APEC Unthinkable Week 2013.
 
Event promosi ini dikoordinir oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Berkolaborasi dengan WWF-Indonesia dan GIZ FORCLIME, Pokjanas membawa tema Kewiraswastaan Ekowisata di Heart of Borneo (Entrepreneurship Ecotourism in the Heart of Borneo) melalui dua sub-event yaitu APEC Partnership Forum dan APEC Creative Expo. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan ini HoB Indonesia berupaya lebih mempromosikan ekowisata di HoB, termasuk wisata alam dan budaya yang merupakan salah satu dari pengembangan ekonomi masyarakat. 
 
Dalam APEC Partnership Forum, pemimpin daerah dari HoB, yang merupakan Bupati Kapuas Hulu di Kalimantan Barat, Abang Muhammad Nasir, berbicara mengenai pengembangan ekowisata di Kabupaten Kapuas Hulu. Dijelaskan bahwa Kapuas Hulu adalah salah satu kabupaten di wilayah HoB yang merupakan kabupaten konservasi, dengan sebagian besar wilayahnya didominasi oleh dua kawasan lindung, yaitu Taman Nasional Betung Kerihun dan Taman Nasional Danau Sentarum. Kedua kawasan penting di wilayah HoB ini merupakan fokus dari event promosi wisata terbesar di Kabupaten Kapuas Hulu. Sejak tahun 2011, pemerintah Kapuas Hulu telah menyelenggarakan Festival Danau Sentarum, yang mengundang para wisatawan untuk menikmati dan mengeksplor alam dan budaya di kedua taman nasional tersebut.
 
Pada APEC Creative Expo potensi ekowisata di HoB diperkenalkan. Event ini menjadi peluang bagi promosi inisiatif masyarakat lokal terkait ekowisata. Contohnya proyek ekowisata yang dikembangkan oleh masyarakat, maupun produk kerajinan tangan yang ramah lingkungan. Produk yang digelar tidak saja bahwa itu diolah oleh masyarakat lokal tetapi juga berasal dari materi non-kayu, misalnya biji-bijian hutan. Informasi lengkap mengenai ekowisata HoB digelar dan dibagikan kepada para pengunjung.  
 
Pengembangan ekowisata merupakan satu dari lima program utama yang disepakati oleh tiga negara HoB. Pengembangan ekowisata ini diharapkan dapat menjadi fokus utama dari pengembangan sosio ekonomi di dalam HoB dan melibatkan masyarakat lokal.
Partisipasi HoB di APEC Unthinkable Week 2013, Elisabeth Wetik, Sukardi, Heart of Borneo, APEC 2013
Partisipasi HoB di APEC Unthinkable Week 2013
© WWF-Indonesia/Sukardi Enlarge
APEC Unthinkable Week 2013
APEC Unthinkable Week 2013
© APEC 2013 Enlarge
Stand Heart of Borneo di Pameran APEC Unthinkable Week 2013, Bali, Indonesia, Heart of Borneo, APEC 2013, Elisabeth Wetik, Bali, HoB
Stand Heart of Borneo di Pameran APEC Unthinkable Week 2013, Bali, Indonesia
© WWF-Indonesia/Elisabeth Wetik Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus