Inisiatif pembangunan hijau di "jantungnya Jantung Borneo"



Posted on 09 December 2013  |   |  en  |  id
Dengan 100% wilayahnya berada dalam perbatasan Heart of Borneo serta dikelilingi oleh tiga area penting dari kawasan Heart of Borneo (Taman Nasional Betung Kerihun, Taman Nasional Kayan Mentarang, dan Kawasan Konservasi Muller), kabupaten yang baru saja terbentuk di Provinsi Kalimantan Timur, yakni Kabupaten Mahakam Ulu, telah membuat daerah tersebut menjadi lebih penting untuk memulai pembangunan dengan visi yang hijau.
 
Kita dapat menyebutnya “jantung di Jantung Borneo” karena kabupaten tersebut juga berbatasan langsung dengan Malinau di sebelah timur, Sarawak di sebelah utara, Kabupaten Kutai Barat di sebelah selatan serta berdekatan dengan Kabupaten Kapuas Hulu di Kalimantan Barat dan Kabupaten Murung Raya di Kalimantan Tengah. Sekitar 70-80% dari total luas 1,5 juta ha, daerah tersebut masih ditutupi oleh hutan yang terletak di bagian paling hulu Sungai Mahakam, sungai utama di Kalimantan Timur yang merupakan sistem penunjang kehidupan seluruh penduduk. Dengan adanya hal tersebut, pemerintah daerah menjadi lebih sadar dan mengakui nilai modal alami yang mereka miliki.
 
Diperluas dari Kabupaten Kutai Barat dan dengan dukungan dari WWF-Indonesia beserta mitra-mitranya, mendukung pemerintah Kutai Barat yang telah merintis solusi ekonomi hijau di Kutai Barat sejak tahun 2008. Kepemerintahan yang baru yang ada di Kabupaten Mahakam Ulu memutuskan untuk melibatkan WWF-Indonesia dalam merintis pembangunan hijau di daerah tersebut.
 
Dan pada pertengahan November 2013 tercapai nota kesepahaman yang ditandatangani oleh pemerintah Mahakam Ulu dan WWF-Indonesia, sebagai landasan untuk merintis sebuah kabupaten “hijau” di masa mendatang. Kedua belah pihak sepakat untuk berkolaborasi dalam merealisasikan ekonomi hijau melalui upaya-upaya seperti perencanaan pembangunan dan rendah karbon yang berkelanjutan (termasuk perencanaan tata ruang); mendorong praktek konservasi yang efektif, pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan juga praktek bisnis rendah emisi karbon, mendukung praktek pertambangan yang bertanggung jawab; pemberdayaan ekonomi lokal berbasis masyarakat; serta mempromosikan REDD dan pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan.
 
Kunci sukses bagi daerah yang baru dikembangkan serta memiliki tutupan hutan yang luas seperti Mahakam Ulu adalah, seperti yang ditekankan oleh Dr. Efransjah CEO WWF - Indonesia, yang turut hadir dalam penandatanganan, untuk mengembangkan perencanaan tata ruang yang memiliki potensi sumber daya alam. "Ini merupakan langkah pertama dan penting untuk memastikan bahwa hutan dan potensi yang dikelola dengan baik dapat bermanfaat bagi orang-orang di Mahakam Ulu untuk saat ini dan masa depan."
 
Hal ini diketahui bahwa salah satu pemicu utama deforestasi adalah pembangunan infrastruktur baru. Sebagai kabupaten baru dan tahap pengembangannya hampir dimulai, Mahakam Ulu misalnya saja, akan membangun infrastruktur, sebabnya itu membutuhkan dana pembangunan dan akhirnya terbuka peluang untuk investasi. Iming-iming manfaat dan fasilitas sebagai pertukaran untuk mengkonversi hutan/lahan bagi kebutuhan infrastruktur serta kebutuhan lahan bagi perkebunan dalam skala komoditas yang besar perlu diantisipasi. Perencanaan yang cermat sangat penting untuk menghindari dampak negatif dari perkembangan berkelanjutan. Oleh karena itu perencanaan tata ruang hijau merupakan salah satu upaya untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Mahakam Ulu ini. MS Rusland, Bupati sementara Kabupaten Mahakam Ulu, mengatakan, bahwa melalui kepemimpinannya beliau berkomitmen untuk menempatkan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan sebagai sebuah kawasan bagi kepentingan pertumbuhan hijau di Mahakam Ulu.
Fahmi, Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, Heart of Borneo, HoB, 2013
Mahakam Ulu, jantungnya Jantung Borneo
© WWF-Indonesia/Fahmi Enlarge
Fahmi, Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, Indonesia, Heart of Borneo, HoB, 2013
Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, Indonesia
© WWF-Indonesia/Fahmi Enlarge
Fahmi, Heart of Borneo, HoB, Mahakam Ulu, Kalimantan Timur
Air terjun kecil yang ada di Mahakam Ulu, Kalimantan Timur
© WWF-Indonesia/Fahmi Enlarge
Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, Heart of Borneo, Fahmi, 2013
Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, Heart of Borneo
© WWF-Indonesia/Fahmi Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus