Paul Toni WWF-Australia: Selalu terinspirasi dari perjalanan ke HoB



Posted on 19 December 2013  |   |  en  |  id
Jika sehari waktu berputar lebih dari 24 jam, mungkin saja Paul Toni menjadi orang yang paling bahagia di dunia. Seorang mantan pengacara yang telah bekerja dengan WWF-Australia sejak tahun 2004, mengatakan bahwa dirinya selalu tertarik pada pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.
 
“Saya bergabung dengan WWF-Australia sejak tahun 2004. Sebelumnya saya bekerja bagi Perubahan Iklim dan Pembangunan Berkelanjutan, namun sejak tahun 2013 saya bertanggung jawab sebagai Manajer Nasional Ilmu Pengetahuan, Kebijakan dan Kemitraan Pemerintah."
 
Saat ini Paul memimpin tim yang terdiri dari komunikasi, konservasi (tambang, kayu dan kelapa sawit), penggalangan dana dan pemasaran untuk menjalankan program Heart of Borneo (HoB),  salah satu dari enam program inisiatif WWF-Australia, selain inisiatif Great Barrier Reef yang sangat terkenal.
 
"Di WWF-Australia kami menggalang dana bagi kepentingan konservasi HoB. Kami bertemu pemerintah Australia untuk mendapatkan dukungan mereka bagi HoB. Kami juga melibatkan perusahaan yang ada disini, khususnya perusahaan yang mengimpor atau menggunakan (atau eceran) kelapa sawit, kayu serta pertambangan, untuk mendukung sistem bisnis yang berkelanjutan, kami siap membantu tim HoB dengan dukungan kebijakan jika memang diperlukan".
 
Sadar bahwa penduduk Australia sangat tertarik pada orang-utan, badak serta satwa liar Kalimantan lainnya, WWF-Australia menggalang dana bagi konservasi HoB. Pada Desember 2013, menjelang Natal, perjalanan penggalangan dana  kedua ke Heart of Borneo bagi para supporter WWF-Australia baru saja dibuka. "Yang pertama terjual habis dengan sangat cepat , itu menunjukkan bahwa orang-orang sangat tertarik dengan Kalimantan" kata Paul.
 
Disela-sela jadwalnya yang sangat sibuk, Paul meluangkan akhir pekannya untuk menerima wawancara kami. "Bagi saya pekerjaan ini sangat berharga karena saya membantu orang yang berdedikasi tinggi untuk melindungi salah satu tempat  yang memiliki keanekaragaman hayati paling menakjubkan di muka bumi serta masih ada kesempatan bagi orang-orang yang tinggal di sana untuk menikmati kehidupan yang lebih baik di masa depan. Tantangan utamanya adalah tidak ada cukup waktu dalam sehari!"
 
Berbagai macam permasalahan yang ada di Heart of Borneo memerlukan strategi ekonomi hijau yang memungkinkan keseimbangan antara konservasi dan pembangunan berkelanjutan di daerah.
 
"Strategi ekonomi hijau sama pentingnya dengan inisiatif ketiga pemerintah HoB yang merupakan sebuah contoh yang baik dari inisiatif multi-sektor skala besar yang menampilkan kepemimpinan politik nasional, provinsi dan kabupaten, kerangka kebijakan dan struktur pemerintahan yang mendukung, serta  solusi keterlibatan dengan sektor swasta dan juga sebuah kepercayaan hubungan kerja sama dengan masyarakat lokal, masyarakat adat dan masyarakat sipil."
 
Ini bukan hanya bekerja di belakang meja dan bertemu orang-orang berjas dan berdasi, Paul merasa selalu terinspirasi ketika ia berkeliling Kalimantan dan melihat pekerjaan menakjubkan yang WWF lakukan disana.
 
Paul tersenyum saat ditanya pengalaman menarik ketika ia berada di Kalimantan. "Itu merupakan sebuah pengalaman tak terlupakan, saat saya di hutan hujan Sebangau (Kalimantan Tengah) yang sangat panas dan berlumpur untuk melihat sekilas orang-utan betina di alam liar, kebetulan saya melihat orang-utan tersebut melemparkan sebuah batang pohon cukup besar ke arah rekan saya yang saat itu sedang mengambil gambar close up orang-utan. Itu begitu menakutkan. Untungnya tidak kena!"
Paul Toni, Fiora Sacco, WWF Australia, 2013
Paul Toni, Manager Nasional Ilmu Pengetahuan, Kebijakan dan Kemitraan Pemerintah, WWF Australia
© Fiora Sacco Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus