About Sebangau

Taman Nasional Sebangau

Taman Nasional Sebangau (±568.700 hektar) terletak di antara sungai Sebangau dan sungai Katingan. Secara administratif, Taman Nasional Sebangau merupakan bagian dari Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, dan Kota Palangka Raya. Kawasan ini merupakan hutan rawa gambut yang masih tersisa di Kalimantan Tengah setelah gagalnya proyek ‘Mega Rice Project’ yang dikenal dengan “Lahan Sejuta Hektar” pada tahun 1995.

Menteri Kehutanan menunjuk Sebangau sebagai Taman Nasional ke-50 pada 19 Oktober 2004 melalui Surat Keputusan Nomor. SK.423/Menhut-II/2004. Sebelum terbentuknya Taman Nasional, kawasan Sebangau merupakan hutan produksi yang dikelola oleh beberapa HPH sebagai penghasil kayu sehingga pembalakan liar merajalela setelah berakhirnya ijin HPH dikawasan tersebut. Kawasan Sebangau merupakan kawasan yang dilindung karena adanya spesies orang-utan dan spesies lainnya seperti bekantan, beruang madu, owa-owa, burung enggang, harimau dahan dan lainnya.

Perlindungan terhadap kawasan konservasi sering di anggap sebagai “pembatasan” ruang gerak masyarakat yang ada di sekitarnya. Karena itu di dalam pengelolaan Taman Nasional Sebangau, dikembangkan pendekatan baru dalam pengelolaannya, yaitu dengan sistem zonasi berdasarkan proses pemetaan partisipatif, dimana terdapat kesepakatan bersama dengan masyarakat untuk menetapkan areal-areal yang merupakan wilayah tradisional masyarakat, areal yang perlu direhabilitasi dan areal inti. Dengan demikian diharapkan ada tanggungjawab bersama dalam menjaga kelestarian wilayah tersebut, dengan tetap memperhatikan pertimbangan secara ilmiah dan objektif mengenai kondisi dan kelayakan lingkungan.

Dengan adanya taman nasional, Sebangau dapat tetap terjaga kelestariannya dan sekaligus tetap dapat memberi manfaat bagi masyarakat yang hidup di sekitarnya. Usaha penjagaan kelestarian dan pemberian manfaat sumber daya alam di kawasan Sebangau pada masyarakat sekitarnya dilakukan oleh Balai Taman Nasional Sebangau bekerjasama dengan WWF-Indonesia. Kerjasama ini juga dikoordinasikan dengan pemerintah propinsi dan kabupaten serta dinas/instansi terkait lainnya.

Visi Taman Nasional Sebangau

Terwujudnya pengelolaan Taman Nasional Sebangau yang aman, mantap, secara legal formal serta mampu memberikan manfaat optimal terhadap masyarakat.

Misi Taman Nasional Sebangau

  1. Memantapkan pengelolaan Taman nasional Sebangau melalui pengelolaan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya secara lestari;
  2. Memantapkan perlindungan hutan dan penegakan hukum di kawasan hutan Taman nasional Sebangau pada khususnya dan Provinsi Kalimantan Tengah umumnya;
  3. Mengembangkan secara optimal pemanfaatan sumber daya alam hayati dan ekosistem di Taman Nasional Sebangau secara lestari.
  4. Mengembangkan kelembagaan dan kemitraan dalam rangka pengelolaan, perlindungan dan pemanfaatan sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.