Perubahan Iklim Sedang Terjadi

Perubahan Iklim Sedang Terjadi Saat Ini

Perubahan iklim yang sudah terjadi dan terus berlangsung ini merupakan kenyataan yang harus dihadapi bumi kita. Penelitian WWF menunjukkan bahwa 33 persen habitat di seluruh muka bumi terancam, bahkan beberapa tanaman dan spesies hewan telah menghadapi kepunahan. Beruang kutub misalnya, merupakan salah satu spesies yang terancam jika permukaan es samudera Artic terus mencair secara drastis. Bencana alam seperti banjir, badai dan kekeringan semakin sering terjadi. Di musim panas 2002/2003, Australia mengalami kekeringan terparah yang pernah di alami, diikuti kebakaran hutan terburuk sepanjang abad.
Laporan Semester III tahun 2002 dari The Inter-govermental Panel on Climate Change (IPCC) mengatakan bahwa “ada bukti baru dan kuat dari hasil pengamatan selama lima puluh tahun terakhir bahwa pemanasan global disebabkan oleh ulah manusia.” Laporan ini memperkirakan terjadi peningkatan suhu global antara 1,4 sampai 5,8 derajat celscius pada abad ini, tergantung pada jumlah bahan bakar fosil yang kita bakar serta kepekaan sistem iklim.

WWF bersama organisasi lingkungan lainnya menyerukan dilaksanakannya tindakan pendekatan awal atas bahaya yang mengancam ini. Tindakan ini akan membatasi kenaikan temperatur global di bawah 2 derajat celcius hingga tidak menembus di atas tingkat pre-industrial demi mencegah kerusakan yang lebih parah. Kenaikan lebih dari 1 derajat celcius sepertinya sudah terjadi di sistem iklim kita, sehingga upaya untuk menjaga ambang batas kenaikan 2 derajat harus dilakukan dengan segera.
Banner Powerswitch / ©: WWF-Indonesia
Banner Powerswitch
© WWF-Indonesia
  / ©: WWF-Indonesia/Tira Maya
© WWF-Indonesia/Tira Maya