Sustainable Seafood

  / ©: WWF-Indonesia
© WWF-Indonesia
Dengan mendorong praktik perikanan yang berkelanjutan, WWF berupaya membantu menyelamatkan industri perikanan yang terancam ini. Salah satu prinsip yang diperjuangkan adalah menjaga stok ikan dan meningkatkan mutu lingkungannya, serta membangun komitmen para aktor industri perikanan (nelayan, konsumen, dan perusahaan) dalam menciptakan perilaku dan bisnis perikanan yang berkelanjutan.

Upaya pemulihan stok ikan dan ekosistem perairan dilakukan WWF dengan mengembangkan jaringan untuk mendorong peningkatan fungsi Kawasan Konservasi Laut (MPAs). Dengan menjaga area yang bisa dieksploitasi, maka penurunan populasi ikan diharapkan dapat terselamatkan.

Melalui kampanye publik "Sustainable Seafood" diharapkan adanya peningkatan permintaan akan sustainable seafood. Melalui pembuatan seafood guide, WWF mendorong konsumen untuk mengenal gagasan hidangan laut lestari (sustainable seafood) serta lebih selektif memilih makanan laut.

Dengan kata lain yang dilakukan adalah bagaimana meningkatkan permintaan atas hidangan laut lestari dengan mensosialisasikan gagasan "sustainbale seafood" dan mendorong konsumen untuk memilih hidangan laut dengan bijak. Salah satu nstrumen kampanye yang digunakan adalah seafood guide, buku saku yang berisi panduan memilih hidangan laut yang berkelanjutan.

Di sisi lain, jaringan berbagai pelaku industri perikanan juga didorong untuk terus meningkatkan perannya dalam perikanan berkelanjutan. WWE berkerjasama dengan banyak pihak untuk melestarikan kehidupan laut lainnya seperti penyu dan cetacean (kerabat paus). Dengan diajak untuk menerima konsep alat perikanan yang meminimalisir tangkapan sampin (bycatch), para pelaku industri perikanan diharapkan akan berproduksi secara lebih efisien dan lestari. Sementara forum multipihak WWF mengembangkan program Seafood Savers untuk mendorong penerapan praktik-praktik perikanan berkelanjutan oleh para produsen, ritel, dan lembaga keuangan. Melalui usaha bersama para pemain industri seafood ini WWF berupaya mewujudkan perbaikan kegiatan perikanan di Indonesia.

Kelompok ini diharapkan mampu memberi inspirasi pada lebih banyak praktisi bisnis maupun pemerintah untuk bersama-sama mendorong praktik perikanan berkelanjutan demi terjaganya kelestarian ekosistem dan sumber daya laut. Kampanye “Sustainable Seafood” ini bertujuan untuk meningkatkan permintaan nasional terhadap seafood berkelanjutan. Upaya yang dilakukan WWF adalah mendorong konsumen untuk mengenal gagasan hidangan laut lestari (sustainable seafood) serta lebih selektif memilih hidangan laut. Salah satu instrumen kampanye yang digunakan adalah Seafood Guide, buku saku yang berisi panduan memilih hidangan laut yang berkelanjutan.

  / ©: WWF Canon/Edward Parker
© WWF Canon/Edward Parker
  / ©: WWF-Indonesia/Saipul Siagian
© WWF-Indonesia/Saipul Siagian