Spesies Laut yang Terancam Punah

Satwa Laut yang Terancam Punah

Perairan Indonesia selain menyimpan potensi ekonomi melalui kegiatan perikanan dan pariwisata, juga merupakan rumah bagi berbagai jenis spesies laut yang terancam punah dan dilindungi, seperti berbagai jenis penyu, mamalia laut, hiu, berbagai jenis terumbu dan ikan karang, serta biota laut lainnya.

  1. Penyu
    Indonesia adalah rumah bagi enam dari tujuh spesies penyu di dunia, karena memberikan tempat yang penting untuk bersarang dan mencari makan, disamping merupakan rute perpindahan yang penting di persimpangan Samudera Pasifik dan Hindia. Namun, populasi enam spesies penyu laut tercantum sebagai yang rentan, terancam, atau sangat terancam menurut IUCN Red List of Threatened Species [Daftar Merah Spesies Yang Terancam Menurut IUCN]. Ancaman utama yang dihadapi oleh penyu laut mencakup hancurnya habitat dan tempat bersarang, penangkapan, perdagangan ilegal dan eksploitasi yang membahayakan lingkungan.
  2. Mamalia Laut
    Perairan Indonesia berfungsi sebagai daerah migrasi yang penting bagi lebih dari 30 spesies mamalia laut, terutama di bagian timur Indonesia. Lebih dari sepertiga dari seluruh spesies paus dan lumba-lumba yang telah dikenal (bersama-sama disebut cetacean) dapat dijumpai di laut Indonesia, termasuk Paus Biru yang langka dan terancam (Balaenoptera musculus). Ancaman utama terhadap spesies ini mencakup penangkapan yang tidak disengaja, terdampar, perburuan, dan rusaknya habitat laut mereka.
  3. Aktivitas
    Untuk kesuksesan kegiatan konservasi, WWF-Indonesia percaya bahwa kerja sama dan kegiatan yang dilakukan bersama dengan berbagai pihak melakukan syarat yang harus dilakukan. Sama pentingnya dengan data-data yang didapat melalui berbagai penelitian yang dilakukan.
 / ©:  WWF-Indonesia/Fitrian Ardiansyah
Penyu Belimbing-Papua Barat
© WWF-Indonesia/Fitrian Ardiansyah
 / ©: WWF
Button Banner Turtle Factsheet
© WWF