Kampanye #LiveGreener Edukasi SCP di Happiness Festival | WWF Indonesia

Kampanye #LiveGreener Edukasi SCP di Happiness Festival



Posted on 09 April 2018   |  
Para pengunjung memenuhi Happiness Festival.
© WWF-Indonesia/Dissy Eka Pramudita
Memanfaatkan momen Happiness Festival yang diselenggarakan Unity in Diversity dan Project Semesta, Kampanye #LiveGreener mengadakan kegiatan nonton bareng dan diskusi film ‘Cowspiracy’ untuk mengedukasi publik tentang dampak negatif konsumsi terhadap keberlanjutan lingkungan. Film bergenre dokumenter karya sutradara Kip Sandersen dan Keegan Kuhn ini menyorot industri peternakan sebagai penyumbang emisi karbon terbesar di dunia. Kedua sutradara mewawancarai sejumlah organisasi, termasuk perusahaan produsen daging dan susu dan LSM lingkungan untuk memvalidasi asumsi tersebut.

Sesi diskusi menghadirkan WWF-Indonesia sebagai salah satu pembicara, bersama Chef Max Mandias dari Burgreens dan dr.Amaranila dari MataCinta dan dimoderatori oleh Annabella Jusuf, influencer dan aktivis vegan. Diskusi dengan ketiga narasumber mengupas berbagai aspek seputar aksi konsumsi bertanggung jawab. Menanggapi pertanyaan moderator mengenai konsumen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca selain mengadopsi gaya hidup vegan, perwakilan WWF memaparkan perihal kampanye Beli Yang Baik dengan enam pesan utamanya, yaitu Beli Yang Perlu, Beli Yang Alami, Beli Yang Lokal, Beli Yang Awet, Beli Yang Ekolabel dan Mau Dibawa Kemana. Chef Max memfokuskan penjelasannya pada gaya hidup plant-based yang saat ini semakin banyak dianut tokoh-tokoh dunia, mulai dari Einstein hingga J.Lo. Dokter Amaranila dari MataCinta menyorot isu limbah d Indonesia yang sudah sangat membahayakan dan mempengaruhi asupan gizi anak di Indonesia.

Ketiga pembicara menyepakati aktivitas konsumsi yang berlebihan dan tanpa pemahaman yang cukup dan kepedulian terhadap dampak lingkungan sebagai penyebab kunci degradasi lingkungan yang terjadi saat ini. Menutup diskusi dan sesi nobar malam hari itu, ketiga pembicara mengajak peserta untuk menjadi konsumen yang lebih kritis dan hemat dalam mengkonsumsi. Dengan menyadari ‘jejak ekologis’ dari setiap aktivitas konsumsi kita, maka terbuka kesempatan untuk memperbaiki kondisi bumi lewat perubahan pola konsumsi kita.

Kampanye #LiveGreener diadakan sebagai bagian dari pelaksanaan project Sustainable Consumption and Production – Thailand, Indonesia, Philippine (SCP-TIP) yang dijalankan oleh WWF-Indonesia dengan dukungan pendanaan dari pemerintah Jerman melalui International Climate Initiative (IKI).

 
Para pengunjung memenuhi Happiness Festival.
© WWF-Indonesia/Dissy Eka Pramudita Enlarge
Perwakilan WWF memaparkan perihal kampanye Beli Yang Baik
© WWF-Indonesia/Dissy Eka Pramudita Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus