WWF terbitkan Pedoman Praktik Terbaik untuk Pariwisata Hiu dan Pari yang Bertanggung Jawab bersama Project Aware dan Manta Trust | WWF Indonesia

WWF terbitkan Pedoman Praktik Terbaik untuk Pariwisata Hiu dan Pari yang Bertanggung Jawab bersama Project Aware dan Manta Trust



Posted on 03 May 2018   |  
Pedoman Praktik Terbaik untuk Pariwisata Hiu dan Pari yang Bertanggung Jawab
© WWF-Indonesia
Oleh : Vinni Nurizky (Bycatch and Sharks Conservation Assistant)

Minat terhadap wisata selam rekreasi mendorong berkembangnya industri penyelaman di Indonesia. Wisata selam hiu dan pari memiliki daya tarik tersendiri bagi beberapa turis baik lokal hingga mancanegara untuk merasakan sensasi berenang bersama hiu dan pari secara langsung di habitatnya.
 
Berangkat dari hal tersebut, WWF bersama Project Aware dan Manta Trust meluncurkan Pedoman Praktik Terbaik untuk Pariwisata Hiu dan Pari yang Bertanggung Jawab. Panduan ini ditujukan sebagai pedoman yang dilengkapi dengan kode etik bagi para operator pariwisata hiu dan pari yang tidak hanya mendampingi wisatawan, namun sekaligus menerapkan praktik pelestarian spesies dan habitatnya.
 
Disamping isu perikanan yang mengancam keberadaan populasi hiu dan pari, ancaman di daerah pariwisata juga sama pentingnya. Dampak-dampak yang ditimbukan oleh pariwisata termasuk pencemaran dari kapal, limbah buangan dan sampah plastik,menyentuh atau melukai hewan bahkan mengubah perilaku alami hiu atau pari di suatu lokasi juga pada akhirnya akan merusak sumber daya yang menjadi dasar pariwisata tersebut.
 
Pedoman ini adalah pedoman pertama yang menyajikan informasi yang praktis dan berbasis sains untuk operator pariwisata hiu dan pari yang ingin memberikan yang terbaik bagi para wisatawan sekaligus melestarikan spesies dan habitat, serta berkontribusi untuk masyarakat lokal. Pedoman ini menyediakan saran dan perangkat yang dapat diadaptasikan untuk situasi lokal, sehingga mendukung operator dalam meningkatkan kualitas pendidikan, keselamatan, dan keberlanjutan dari usaha-usaha mereka. Pedoman ini juga menyediakan informasi praktis berdasarkan data ilmiah terbaik yang ada, untuk pemegang otoritas pengelolaan dan pihak lainnya yang terlibat dalam industri ini.
 
TENTANG WWF
WWF adalah salah satu lembaga konservasi independen terbesar dan berpengalaman, dengan lebih dari lima juta pendukung dan jaringan global yang aktif di lebih dari 100 negara. Misi WWF adalah menghentikan degradasi lingkungan hidup dan membangun masa depan di mana manusia dan alam hidup selaras, dengan melestarikan keanekaragaman hayati dunia, menjamin penggunaan sumber daya terbarukan secara berkelanjutan, dan mendukung upaya reduksi pencemaran dan konsumsi yang berlebihan.
www.panda.org
 
TENTANG PROJECT AWARE®
Project AWARE adalah organisasi nirlaba dan gerakan penyelam global untuk melindungi planet samudra kita – satu penyelaman demi satu penyelaman. Terpusat pada persoalan-persoalan kritis seperti Hiu Dalam Bahaya dan Sampah Lautan, PROJECT AWARE memberdayakan ribuan untuk bekerja sama agar tercipta lautan yang bersih, sehat dan melimpah.
www.projectaware.org
 
TENTANG MANTA TRUST
The Manta Trust mengambil pendekatan multidisplin untuk melestarikan pari manta dan habitatnya di seluruh dunia, melalui riset dan sains yang tepercaya, sekaligus meningkatkan kesadaran serta memberikanpendidikan kepada masyarakat umum dan para pemangku kepentingan.
www.mantatrust.org

Pedoman Praktik Terbaik untuk Pariwisata Hiu dan Pari yang Bertanggung Jawab
© WWF-Indonesia Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus