Merayakan Masyarakat Adat dan Wilayah Kehidupannya | WWF Indonesia

Merayakan Masyarakat Adat dan Wilayah Kehidupannya



Posted on 09 August 2018   |  
Wilayah mereka bukan hanya wilayah penting bagi keanekaragaman hayati dengan tingkat signifikansi global.
© WWF-Indonesia/Edwin
Oleh: Cristina Eghenter

Hari ini kita merayakan Masyarakat Adat, bersama dengan warisan budaya, kearifan dan  pengetahuan, dan wilayah mereka. Ada ikatan yang kuat dan eksistensial antara Masyarakat Adat dan wilayah mereka. Dan wilayah tersebut bisa mencakup berbagai ekosistem dan habitat, serta mengandung keanekaragaman hayati yang kaya dan unik. Sebuah ikatan seringkali menunjukkan kepedulian dan perlindungan, pemeliharaan dan dukungan, serta komitmen untuk menghargai apa yang memberi kehidupan dan mempertahankan siklus generasi di bumi ini. Ini mungkin salah satu pelajaran paling penting tentang keberlanjutan dan konservasi bagi kita.

Merayakan Masyarakat Adat berarti menghormati dan mengakui warisan budaya, pengetahuan, dan wilayah mereka, serta memahami bahwa mereka berperan penting bagi kelangsungan kehidupan di bumi kita. Wilayah mereka bukan hanya wilayah penting bagi keanekaragaman hayati dengan tingkat signifikansi global, namun juga membantu mengamankan stabilitas iklim dan mengurangi dampak negatif dari perubahan iklim, wilayah memiliki nilai-nilai budaya dan sakral bagi masyarakat, dan seringnya terdiri dari keindahan lanskap dan bentang laut yang menawan.

Menghormati dan mengakui Masyarakat Adat tidak dapat dipisahkan dari menghormati dan mengakui wilayah mereka yang menopang mata pencaharian dan identitas mereka, 'wilayah kehidupan' mereka, tempat warisan dan pengetahuan budaya asli mereka. Hal ini membutuhkan perlindungan terhadap ikatan antara masyarakat adat dan wilayah mereka untuk memastikan bahwa ikatan itu tidak terputus atau dihentikan. Risikonya adalah perampasan sosial dan budaya, dan juga kerugian emosional dan ekonomi.


 
Wilayah mereka bukan hanya wilayah penting bagi keanekaragaman hayati dengan tingkat signifikansi global.
© WWF-Indonesia/Edwin Enlarge
Hari ini kita merayakan Masyarakat Adat, bersama dengan warisan budaya, kearifan dan pengetahuan, dan wilayah mereka.
© WWF-Indonesia Enlarge
Hari ini kita merayakan Masyarakat Adat, bersama dengan warisan budaya, kearifan dan pengetahuan, dan wilayah mereka.
© NJT Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus