WWF-Indonesia dan Balai Besar Penangkapan Ikan Semarang Kembangkan Teknologi Sarana Penangkap Ikan Ramah Lingkungan | WWF Indonesia

WWF-Indonesia dan Balai Besar Penangkapan Ikan Semarang Kembangkan Teknologi Sarana Penangkap Ikan Ramah Lingkungan



Posted on 01 September 2018   |  
Pelatihan Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan
© Dwi Ariyogagautama/WWF-Indonesia
Oleh: Vinni Nurizky (Sharks Conservation Campaigner)

Aktivitas penangkapan ikan yang bertanggung jawab diperlukan guna menjaga kelestarian sumber daya laut. Pentingnya sumber daya laut berkelanjutan juga perlu dipahami masyarakat yang bergantung pada usaha penangkapan ikan, salah satunya dengan menggunakan alat penangkap ikan ramah lingkungan. Penangkapan ikan merupakan salah satu ancaman terhadap keberadaan biota laut terancam punah dan spesies yang dilindungi, sehingga menjadi salah satu kriteria penting alat penangkap ikan ramah lingkungan.

Selain penangkapan biota laut terancam punah dan spesies yang dilindungi, penangkapan ikan yang belum mencapai usia dewasa (anakan/juvenil ikan) yang ditangkap juga menjadi masalah yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem akuatik, karena tidak memberikan kesempatan bagi mereka untuk dewasa dan menghasilkan keturunan baru untuk menjaga populasinya.

Pengembangan teknologi dan modifikasi alat penangkap ikan menjadi solusi untuk membangun perikanan berkelanjutan. Di Indonesia, beberapa modifikasi alat tangkap sudah diimplementasikan, seperti lingkaran hook pada Pancing Longline, TED pada Trawl, dan penggunaan lampu LED pada gillnets dengan respon positif dari berbagai pihak.

WWF-Indonesia bersama Balai Besar Penangkapan Ikan Semarang, sebuah Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, Kementerian Kelautan dan Perikanan, menggelar sebuah acara bertajuk Gelar Teknologi: Alat Penangkap Ikan Ramah Lingkungan yang akan diselenggarakan di kantor BBPI Semarang selama 2 hari pada 5 – 6 September 2018.

Sejumlah agenda disusun untuk mendiskusikan beberapa topik diantaranya alternatif alat tangkap trawl dan pengaturan penangkapan juvenil ikan dalam sebuah workshop yang dihadiri para akademisi dan ahli. Secara paralel, belasan booth akan memeriahkan halaman utama BBPI Semarang dan memamerkan belasan teknologi dan modifikasi alat penangkap ikan yang ada di Indonesia.

Penasaran dengan kecanggihan teknologi dan sejauh mana perkembangan alat penangkap ikan di Indonesia? Yuk! Datang dan ramaikan pameran gelar teknologi ini, yang akan dilaksanakan kurang dari 2 hari lagi!

 
Pelatihan Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan
© Dwi Ariyogagautama/WWF-Indonesia Enlarge
Gelar Teknologi Alat Penangkap Ikan Ramah Lingkungan
© WWF-Indonesia Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus