Rise for Climate | WWF Indonesia

Rise for Climate



Posted on 07 September 2018   |  
Rise for Climate
© WWF-Indonesia
Oleh: Achmed Shahram

Menyambut Konferensi Aksi Iklim Global/ Global Climate Action Summit (GCAS) yang akan berlangsung pada tanggal 12 - 14 September 2018 di California, berbagai kelompok masyarakat di seluruh dunia mendorong dipenuhinya Perjanjian Iklim Paris dengan mengadakan aksi global serentak berjudul RISE FOR CLIMATE yang akan dilaksanakan pada  hari  Sabtu,  8  September  2018.  Aksi ini  bertujuan  untuk  mendorong kepemimpinan di pemerintahan dan di tingkat lokal untuk mengatasi dampak perubahan iklim dengan berkomitmen pada pengembangan energi terbarukan. Dengan menyatukan seluruh elemen masyarakat dalam satu aksi diharapkan akan terbangun dukungan publik yang lebih luas terhadap berbagai inisiatif energi terbarukan yang dapat menjadi contoh dan mengundang inisiatif lain yang belum terangkat, mulai dari tingkat individu, komunitas, organisasi masyarakat sipil, hingga sektor swasta.

Partisipasi WWF dalam kegiatan ini akan membantu menciptakan wadah yang lebih besar bagi gerakan tersebut, memberikan redibilitas tambahan, dan membantu memperluas pesan dan partisipasi masyarakat untuk bergabung.

Tiga pesan kunci WWF secara global terkait dengan aksi ini; Tahun 2018 akan menentukan jalan kita ke depan. GCAS akan menunjukkan bahwa kita masih bisa mengukir masa depan yang lebih aman dan lebih sejahtera; Di seluruh dunia, actor dari sektor bisnis, kota, universitas, dan lainnya telah mengambil peran kepemimpinan dalam mengatasi perubahan iklim; Tidak ada solusi yang layak untuk perubahan iklim tanpa meningkatkan cara kita menggunakan hutan, makanan dan lahan.

Sedangkan pesan RISE FOR CLIMATE yang digaungkan oleh WWF bersama koalisi Organisasi Masyarakat Sipil di Indonesia adalah BEBAS ENERGI FOSIL. Dimana secara garis besar pesan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadartahuan dan aksi dari masyarakat terhadap dampak perubahan iklim dalam lingkup sektor energi dengan mulai beralih ke energi terbarukan. Karena sektor energi secara global merupakan sektor penyumbang emisi terbesar di dunia, dan di Indonesia merupakan sektor kedua setelah sektor kehutanan karena besarnya penggunaan energi fosil seperti batubara, minyak dan gas bumi.

Indonesia sendiri sudah memiliki target peningkatan energi terbarukan dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang merupakan turunan dari Kebijakan Energi Nasional (KEN). Target tersebut berupa porsi energi terbarukan yang mencapai 23 % pada tahun 2025 pada Bauran Energi Nasional. Target ini akan tercapai dengan adanya kerja sama semua pihak, baik pemerintah, sektor swasta, organisasi masyarakat sipil, akademisi, komunitas dan masyarakat luas.

Aksi Indonesia untuk RISE FOR CLIMATE didukung oleh koalisi beberapa organisasi yang terdiri dari:
1.    350.org Indonesia
2.    Climate institute
3.    Climate Ranger Jakarta
4.    Campaign
5.    Koaksi Indonesia
6.    Forum Temu Kebangsaan
7.    Gerakan Ecomasjid
8.    LLH PB Aisyiyah
9.    Indorelawan.org
10.    Institute for Essential Service Reform (IESR)
11.    International Institute for Sustainable Development – GSI
12.    Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) Kalimantan Timur
13.    Kelompok Kerja 30 (POKJA 30)
14.    Koalisi Perempuan Indonesia
15.    Publish What You Pay (PWYP) Indonesia
16.    Pusat Pengajian Islam, Universitas Nasional
17.    Srikandi Bumi
18.    The Climate Reality Project Indonesia
19.    Warung Energi
20.    WWF - Indonesia

 
Rise for Climate
© WWF-Indonesia Enlarge
Energi Bersih Satukan Indonesia
© WWF-Indonesia Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus