Gajah | WWF Indonesia

Gajah



Posted on 01 November 2018   |  

Hutan Indonesia dalah rumah bagi mamalia besar yang khas dengan belalai dan telinganya yang lebar. Ya, satwa ini adalah gajah. Terdapat dua spesies gajah yang ada di Indonesia, yakni Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) dan Gajah Kalimantan (Elephas maximus borneensis). Berdasarkan lembaga konservasi internasional, IUCN (International Union for Conservation of Nature), kedua spesies gajah tersebut Kritis (Critically Endangered/CR).
 
Banyak ancaman yang dihadapi populasi kedua spesies ini untuk bertahan di habitatnya. Salah satu ancaman serius bagi populasi gajah adalah perburuan dan perdagangan gadingnya. Gading gajah banyak diperjualbelikan secara ilegal akibat tingginya permintaan produk gading di pasar gelap internasional. Padahal, keduanya berstatus Appendix I berdasarkan CITES (perjanjian internasional yang mengatur perdagangan spesies) yang artinya spesies ini tidak boleh diperjualbelikan.
 
Gading gajah banyak diburu untuk dijadikan ukiran dan aksesoris. Banyak orang yang percaya bahwa memiliki produk ukiran atau aksesoris dari gading gajah dapat mengangkat derajat sosial dan menjadi hal bergengsi. Ini menyebabkan populasi gajah terus menurun dan mengantarnya ke gerbang kepunahan.

Comments

blog comments powered by Disqus