KKP dan WWF Gelar Kompetisi Alat Penangkapan Ikan yang Ramah Lingkungan | WWF Indonesia

KKP dan WWF Gelar Kompetisi Alat Penangkapan Ikan yang Ramah Lingkungan



Posted on 08 May 2015   |  
Kompetisi API Ramah Lingkungan
© © WWF

Dalam dua dekade terakhir, alat penangkapan ikan telah berkembang pesat dalam bentuk serta nama yang beragam, dan semuanya mengacu pada sifat penangkapannya yang bertujuan meningkatkan produktivitas namun tidak mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan.

Berkembangnya teknologi penangkapan ikan yang modern juga diduga mengakibatkan krisis perikanan secara langsung dan tidak langsung, ditambah lagi dengan tertangkapnya spesies lain secara tidak sengaja yang merupakan bagian dari rantai makanan dalam ekosistem tersebut.
 
Sangat penting artinya untuk mempertahankan populasi spesies-spesies dilindungi tersebut tanpa mengurangi nilai ekonomi dari industri perikanan. Tingginya tingkat tangkapan sampingan (bycatch) terhadap spesies kunci yang dilindungi bisa berdampak pada rusaknya keanekaragaman hayati laut sehingga harus segera dicari solusinya.
 
Tertangkapnya hewan dilindungi dan terancam punah seperti penyu, hiu, mamalia laut seperti lumba-lumba, serta pemborosan sumber daya ikan dengan tertangkapnya anakan ikan dan kerusakan habitat ekosistem laut akibat pengoperasian alat penangkapan ikan, menjadi tanggung jawab bersama.
 
Terinsipirasi dari program Internasional Smart Gear Competition, Direktorat Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan (KAPI) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama WWF-Indonesia mengajak pelaku perikanan, peneliti, lembaga penelitian dan bagi masyarakat umum untuk bersama-sama memberikan ide dan inovasi terhadap permasalahan aktivitas penangkapan ikan demi kepentingan bersama.
 
Silakan baca ketentuan kompetisi tersebut di bawah ini.
 
Pengiriman Karya :

  1. Karya dapat berupa gagasan/ide ataupun sudah diujicobakan/diterapkan
  2. Informasi lengkap dapat dilihat di website KKP dan Direktorat Kapal Perikanan dan Alat Penangkap Ikan (http://kapi.kkp.go.id/news/2015/04/kompetisi-inovasi-al)
  3. Pendaftaran dengan cara mengirimkan  biodata dan 1 (satu) lembar abstrak dari gagasan/karya yang akan diikutkan kompetisi
  4. Pengiriman melalui pos ke: Dit. Kapal Perikanan dan Alat Penangkap Ikan Gd. Mina Bahari II Lt. 9 Kementerian Kelautan dan Perikanan Jl. Medan Merdeka Timur No 16 Jakarta Pusat 10110 dan atau melalui email ke subdit.rbkapi@yahoo.co.id paling lambat 1 Juni 2015
  5. Bagi karya yang lolos seleksi akan diinformasikan pada tanggal 17 Juni 2015 dan diminta mengirimkan proposal inovasi lengkap paling lambat 6 Juli  2015
  6. Bagi peserta yang mengirimkan proposal dan memenuhi kriteria akan diundang untuk melakukan presentasi di Jakarta pada tanggal 29—30 Juli 2015
  7. Ide/karya dapat diujiterapkan dan dikembangkan oleh KKP, tidak untuk komersialisasi
  8. Tidak dipungut biaya apapun
 
Persyaratan :
  • Orisinil (ide sendiri atau kelompok), dapat berupa ide/gagasan atau hasil karya imliah: laporan PKL, skripsi, KIPA, tesis, disertasi, dll)
  • Inovatif (penemuan jenis, material dan metode alat penangkap ikan (API) atau Kreatif (Pengembangan dari jenis, material dan metode API atau ABPI yang telah ada),
  • Tidak merupakan API yang dilarang berdasarkan regulasi pemerintahan
  • Tidak sedang/belum pernah disertakan dalam kompetisi sejenis
  • Bisa perorangan atau tim yang berasal dari : Sekolah Kejuruan Perikanan (SUPM), Akademi/ Sekolah Tinggi, dan Perguruan Tinggi, Peneliti, Perekayasa, Dosen, Guru, Nelayan dan Umum

Penilian atas karya yang diusulkan akan dilakukan berdasarkan kriteria-kriteria LIFE (Low Impact, Fuel Efficient) Fishing dan eco friendly, antara lain:
  • Kontribusi terhadap penghematan BBM (efisien dalam penggunaan BBM)
  • Tingkat selektivitas  terhadap target spesies tinggi
  • Kontribusi terhadap mengurangi tertangkapnya bycatch
  • Dampak negatif terhadap lingkungan/habitat perairan rendah
  • Resiko bahaya rendah
 
Ide dan inovasi akan diseleksi lebih lanjut oleh tim juri dan akan terpilih 5 orang atau kelompok yang akan diundang untuk mempresentasikan ide dan inovasinya. Hadiah yang didapatkan oleh peserta meliputi:
  1. Tropi
  2. Piagam
  3. Diikutkan dalam kompetisi internasional “Smart Gear Competition” - kompetisi dua tahunan yang diadakan WWF-US sejak tahun 2005 hingga 2011 untuk mencari penemuan atau ide-ide teknologi alat-alat tangkap perikanan yang lebih ramah lingkungan untuk mengurangi bycatch. Kompetisi yang diikuti oleh para nelayan serta praktisi-praktisi perikanan ini ternyata sangat membantu dan sudah diterapkan di US.
  4. Mendapatkan dana bantuan untuk riset mewujudkan gagasannya di lapangan dengan pendampingan oleh dosen dari FPIK setempat untuk Juara I, Juara II, dan Juara III
  5. Uang:
  • Juara I : Rp 10 juta
  • Juara II : Rp 7 juta
  • Juara III : Rp 5 juta
  • Juara Harapan I: Rp. 3 juta
  • Juara Harapat II: Rp. 2 juta
 
Ide dan inovasi yang telah didaftarkan akan dikumpulkan dalam sebuah buku yang dapat digunakan oleh masyarakat, peneliti dan pemangku kebijakan dalam pengembangan teknologi Alat Penangkap Ikan ramah lingkungan.
 
Informasi lebih Lanjut dapat menghubungi :
Sekretariat: Direktorat Kapal Perikanan & Alat Penangkap  Ikan
Jl. Medan Merdeka Timur No.16 Jakarta  Gedung Mina Bahari II Lantai 9
Telp. 021-351 9070 ext. 8924    Fax : 021-3520726
Contact Person :
Elwidya Bastian (0812  77155 177)
Winnie Hertikawati (0857 824 77188)
Kompetisi API Ramah Lingkungan
© © WWF Enlarge
Pemenang Smart Gear Competition 2014, Air Powered Sampling for Purse Seine Fisheries
© www.worldwildlife.org Enlarge
Super Polyshark dibuat oleh Dr Eric Stroud dan Dr Patrick Rice adalah alat pengurang tingkat bycatch hiu
Pemenang kedua Smart Gear 2014, Super Polyshark
© www.worldwildlife.org Enlarge
Pemenang kedua Smart Gear 2011, The SeaQualizer
© www.worldwildlife.org Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus