Panda Mobile Kenalkan Dugong kepada Siswa TK Little Sunshine | WWF Indonesia

Panda Mobile Kenalkan Dugong kepada Siswa TK Little Sunshine



Posted on 30 October 2017   |  
Panda Mobile di TK Little Sunshine Cibubur (20/10/2017).
Panda Mobile di TK Little Sunshine Cibubur (20/10/2017).
© WWF-Indonesia
Oleh: Faradiba Engelen (Volunteer Panda Mobile) & Natalia Trita Agnika
Hubungan kerja sama yang baik menghasilkan sebuah kolaborasi yang berkelanjutan. Hal itulah yang terjadi antara Panda Mobile WWF-Indonesia dengan TK Little Sunshine Cibubur. Untuk kesekian kalinya, truk edukasi milik WWF-Indonesia mengunjungi sekolahan tersebut. Pada Jumat (20/10), Panda Mobile menyampaikan pesan konservasi tentang satwa laut yang belum begitu dikenal oleh anak-anak, yaitu dugong.

[Baca juga: Diskusi Konservasi: “Ada Apa dengan Dugong?”]

Kehadiran Panda Mobile rupanya sudah ditunggu oleh para siswa. Ketika para volunteer masih mempersiapkan perlengkapan, para siswa mulai menghampiri truk enam roda tersebut. Penampilan mereka sangat unik. Hampir semua siswa terlihat mengenakan pakaian atau aksesori yang bernuansa satwa. Ada yang memakai topi kepala singa, baju bermotif jerapah, dan lain-lain. Para guru pun tak mau kalah. Mereka juga mengenakan beragam pakaian dengan atribut satwa. Bahkan ada yang melukis wajah menyerupai harimau.

[Baca juga: Panda Mobile dan Aneka Cerita Tentang Pelestarian Satwa]

Usai perkenalan singkat tentang WWF, Kak Ryan membuka kegiatan dengan mendongeng. Sesuai dengan tema, Kak Ryan bercerita tentang dugong dan hewan laut lainnya. Suara khas dan permainan gitar Kak Ryan sangat menghibur para siswa. Storytelling ditutup dengan tarian “Baby Shark”. Semua siswa bergoyang dengan antusias.

Karena waktu yang diberikan kepada tim Panda Mobile tidak terlalu banyak, maka kegiatan selanjutnya dilakukan dalam tiga kelompok. Ada kelompok yang menonton film, melakukan permainan “Jelajah Papua”, dan permainan “Menebak Satwa”.  Permainan “Jelajah Papua” memperkenalkan para siswa pada satwa khas Papua. Kebanyakan dari mereka belum pernah mendengar tentang satwa-satwa tersebut, seperti kura-kura moncong babi, kanguru mantel emas, dan hiu paus. Pada permainan “Menebak Satwa”, para siswa hanya diberi tahu ciri-ciri satwa tersebut. Mereka kemudian menebak dengan sangat antusias dan selalu bersaing supaya dapat menebak lebih dahulu. Masing-masing kelompok kemudian bergiliran melakukan kegiatan yang berbeda sehingga para siswa dapat mengikuti semua kegiatan. “

“Acaranya oke banget, semuanya nyambung. Permainannya, storytelling-nya, semuanya bersinergi dengan baik. Kegiatan (Panda Mobile) juga selalu berbeda tahun ke tahun. Teman-teman volunteer juga semakin baik dalam menangani anak-anak. Mungkin hanya skin (body) truknya aja yang harus diganti hehehe,” ujar Milla Hardiana, Kepala Sekolah TK Little Sunshine Cibubur.
 
 
 
Panda Mobile di TK Little Sunshine Cibubur (20/10/2017).
Panda Mobile di TK Little Sunshine Cibubur (20/10/2017).
© WWF-Indonesia Enlarge
Permainan
Permainan "Menebak Satwa" bersama Panda Mobile di TK Little Sunshine Cibubur (20/10/2017).
© WWF-Indonesia Enlarge
Storytelling tentang dugong bersama Panda Mobile di TK Little Sunshine Cibubur (20/10/2017).
Storytelling tentang dugong bersama Panda Mobile di TK Little Sunshine Cibubur (20/10/2017).
© WWF-Indonesia Enlarge
Permainan
Permainan "Jelajah Papua" bersama Panda Mobile di TK Little Sunshine Cibubur (20/10/2017).
© WWF-Indonesia Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus