Bermain Sambil Bersihkan Sampah di Pantai Kenjeran, Yuk! | WWF Indonesia

Bermain Sambil Bersihkan Sampah di Pantai Kenjeran, Yuk!



Posted on 26 February 2018   |  
Bersihkan Pantai Kenjeran bersama Komunitas Marine Buddies Surabaya
© Komunitas Marine Buddies Surabaya
Oleh: Dian O. Savitri (Komunitas Marine Buddies Surabaya)

Apa kamu tahu, buddies, kalau negara Indonesia memiliki prestasi sebagai penghasil sampah terbesar kedua di dunia setelah Tiongkok? Volume sampah yang terus meningkat dengan cepat menjadikan perairan di Indonesia tercemar. Bukan hanya mencemari perairan kita, buddies, tetapi juga bisa membahayakan makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Menyambut Perayaan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh setiap 21 Februari, Komunitas Marine Buddies Surabaya mengadakan Beach Clean Up di Pantai Kenjeran Surabaya pada 18 Februari kemarin selepas mengikuti Car Free Day di Taman Bungkul Surabaya. Saat itu hari sangat terik, buddies, tapi itu tidak menyurutkan semangat kami untuk melakukan aksi bersih pantai. Setibanya di lokasi Pantai Kenjeran Surabaya ternyata suasana dipenuhi wisatawan lokal yang sedang menikmati libur akhir pekan bersama keluarga. Suara riang gembira dari Taman Suroboyo yang tidak jauh dari lokasi seakan menyemangati kami untuk menjalankan aksi untuk bumi. Kami juga bertemu dengan para nelayan yang menyediakan jasa naik perahu untuk menyebrang ke pulau Pasir di tengah Pantai Kenjeran.

Buddies, sebenernya kami merasa sedih setibanya di Pantai Kenjeran karena di sana banyak ditemukan sampah yang menyebar. Sampah ditemukan di setiap titik yang kami susur. Sampah yang ditemukan juga beragam, buddies, ada sampah plastik untuk bungkus kopi, botol minuman, mie instan, shampo sachet, kardus kemasan makanan, hingga baju bekas yang entah segaja ditinggal oleh pengunjung atau terbawa ombak di laut. Tanpa berpikir lama, 9 volunteer Komunitas Marine Buddies Surabaya segera mengumpulkan sampah-sampah tersebut. Para Volunteer Marine Buddies dengan sigap bergotong royong mengumpulkan sampah yang ada di pesisir Pantai Kenjeran dan membuangnya di tempat pembuangan sampah terdekat.

Buddies, sebenernya kita tidak harus menunggu Hari Peduli Sampah Nasional kemudian kita bergerak mengadakan aksi bersih pantai seperti itu. Kapan pun waktunya yok kita mulai dari diri kita sendiri untuk lebih bertanggung jawab atas sampah yang kita hasilkan dan tidak membuang sampah sembarangan. Seperti jika kita membeli pentol atau es jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya, ya. Selain itu yok rek  jaga pantai satu–satunya yang ada di Surabaya ini dari sampah yang berserakan. Rasanya nyaman kan, kita bisa menikmati pantai tanpa sampah? Selain enak dipandang, kita juga bisa bergulung ria di pasir pantai. Oh ya, sampah di laut juga sebisa mungkin kita bersihkan, buddies, agar kita bisa menikmati serunya berenang bersama ikan bukan bersama sampah plastik yang mengapung. Aksi ramah lingkungan lainnya yang bisa dilakukan yaitu bawa tumbler atau tempat minum dan tepak atau tempat makan sendiri saat bepergian agar kalian tidak menimbulkan sampah plastik baru. Yuk, jadi #TemanTamanLaut dengan memastikan pantai kita selalu bersih, buddies!

Bersihkan Pantai Kenjeran bersama Komunitas Marine Buddies Surabaya
© Komunitas Marine Buddies Surabaya Enlarge
#NyampahDiTimeline #SumpahGakNyampah
© Komunitas Marine Buddies Surabaya Enlarge
#NyampahDiTimeline #SumpahGakNyampah
© Komunitas Marine Buddies Surabaya Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus