Anggota baru Flying Squad Tesso Nilo | WWF Indonesia

Anggota baru Flying Squad Tesso Nilo



Posted on 08 February 2011   |  
© WWF-Indonesia/Samsuardi
Lisa, gajah betina anggota tim Flying Squad (FS) WWF Riau yang sudah hamil sejak 20 bulan lalu melahirkan seekor gajah jantan, pada 31 Januari 2011. Diperkirakan Lisa melahirkan pada dini hari di tepi hutan Tesso Nilo, sekitar 3 km dari camp FS. Siangnya anak gajah tersebut sudah mulai dibawa berjalan perlahan menuju camp.

Pukul empat sore, keduanya tiba di camp. Berikut adalah beberapa foto yang diambil jam 6 sore. Anak dan induk dalam keadaan sehat.

Lisa (23 tahun), sebelumnya melahirkan anak pertamanya, seekor gajah betina, pada Februari 2007 di pinggiran Taman Nasional Tesso Nilo juga. Anak gajah tersebut kini telah berumur empat tahun dan telah dapat melakukan beberapa keterampilan.

 

Kini tim Flying Squad  berjumlah 7 ekor. 4 ekor gajah dewasa dan 3 ekor anak gajah. 1 ekor adalah gajah jantan yang baru dilahirkan Lisa pada Senin subuh dan 2 lainnya adalah Tesso dan Nella.

Flying Squad merupakan suatu teknik untuk menangani konflik manusia-gajah dengan memberdayakan gajah latih untuk mengusir dan menggiring gajah-gajah liar yang keluar kembali ke habitatnya. Tim ini terdiri dari empat ekor gajah terlatih yang terdiri dari dua jantan dan dua betina bersama dengan delapan orang perawatnya atau disebut mahout. Tim Flying Squad kerjasama WWF dan Kementrian Kehutanan mulai dioperasikan di Taman Nasional Tesso Nilo pada April 2004.


Galeri Foto...

© WWF-Indonesia/Samsuardi Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus