#Doubletigers | WWF Indonesia

Kami Bekerja Untuk Meningkatkan Populasi Harimau Sumatera

Harimau merupakan spesies kucing terbesar dan salah satu hewan paling ikonik di planet ini. Seratus tahun lalu, ada 100.000 harimau liar. Pada tahun 2010, tersisa sedikitnya 3.200 harimau liar, dan tahun ini secara global jumlahnya meningkat menjadi 3890.

Harimau dapat ditemukan di berbagai habitat di seluruh Asia termasuk Indonesia. Sungguh miris Harimau Sumatera termasuk dalam klasifikasi satwa kritis yang terancam punah dalam daftar merah IUCN yang dikeluarkan oleh lembaga dunia IUCN dengan jumlah populasi di alam 371.

Tahun ini, WWF-Indonesia hadir dengan ide “membawa” 371 anak harimau dalam bentuk Papier Mache, mewakili populasi Harimau Sumatera yang tersisa di beberapa kawasan di Sumatera. Papier Mache harimau akan dipamerkan di ruang publik mulai 29 Juli 2016, bertepatan dengan Global Tiger Day sampai dengan 7 Agustus 2016, sebagai upaya penyadartahuan bagi masyarakat. Selanjutnya publik dapat mengadopsi Papier Mache harimau ini secara simbolis guna membantu program konservasi harimau sumatera.

Papier Mache harimau diproduksi oleh Bali Artgasm, dua artis yang ingin membantu alam melalui bakat mereka, dengan pemberdayaan masyarakat melalui kelompok wanita di Yogyakarta. Khusus dibuat dari kertas bekas sebagai pesan untuk meningkatkan kesaradan tentang hubungan antara satwa, manusia dan alam. Kesadaran untuk menjaga alam.

371 adalah jumlah populasi harimau sumatera yang tersisa (data IUCN 2015 - lower range). Anda berkesempatan menjadi satu dari 371 orang yang berkontribusi melalui adopsi harimau secara simbolis dengan donasi Rp 3.710.000,- atau lebih sesuai ketulusan hati Anda. 

Dengan berdonasi, Anda telah membantu kegiatan:

  • Pembelian camera trap untuk memonitor pergerakan harimau

  • Pembiayaan tim patroli harimau untuk menjaga hutan dari perambah dan pemburu

  • Pembiayaan tim riset untuk mengembangkan metode-metode penelitian yang efektif terkait konservasi Harimau Sumatera

  • Mendampingi masyarakat di sekitar kawasan agar bersama-sama menjaga harimau dan habitatnya

Dengan mengadopsi secara simbolis, Anda akan menerima Papier Mache harimau edisi terbatas bernomor seri, sertifikat elektronik dan buku jurnal ekspedisi Harimau Sumatera. Donasi dapat dilakukan sekarang, dan paket donasi akan dikirimkan dalam 2 tahap yaitu sebagai berikut:

  • Tahap I, 15 Agustus 2016 (untuk pembelian periode 27 Juli - 7 Agustus 2016)
  • Tahap II, 1 September 2016 (untuk pembelian periode 8 Agustus - 31 Agustus 2016)

Dukungan Anda hari ini dapat memberikan harapan besar bagi kelangsungan hidup Harimau Sumatera, bagi hutan tempat tinggal mereka dan bagi masyarakat yang hidup di sekitar kawasan.

Pilih Papier Mache harimau yang Anda inginkan.

Tiger Papier Mache 1

Tiger Papier Mache 2

Tiger Papier Mache 3

Tiger Papier Mache 4

Tiger Papier Mache 5

Tiger Papier Mache 6