Program Donasi Gurano Bintang | WWF Indonesia

Program Donasi Gurano Bintang



Gurano Bintang merupakan sebuah misi pendidikan dan kesehatan WWF-Indonesia yang melayani kampung-kampung terpelosok di sepanjang perairan Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC), Papua, melalui kapal kayu bermotor yang telah difasilitasi dengan alat-alat pendidikan. Disusun oleh para ahli pendidikan dasar dan ilmu kelautan, materi pendidikan di KM. Gurano Bintang difokuskan pada pengetahuan seputar lingkungan hidup, terutama lingkungan laut dan cara-cara konservasinya.

Materi dibawakan secara menarik dan menyenangkan oleh para relawan yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) di kapal tersebut. Tujuan program pendidikan ini tak lain ingin membangun kepedulian masyarakat atas kelestarian kekayaan hayati yang mereka miliki serta membentuk generasi baru yang memiliki wawasan alam dan tergerak secara sukarela dalam menjaganya, serta memiliki etika yang mempertimbangkan kelestarian alam dalam bekerja, berusaha, atau berbisnis.

Lingkup kerja Gurano Bintang saat ini meliputi kampung-kampung terpelosok di sekitar perairan TNTC yang berada di antara Kabupaten Manokwari, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Nabire, dan Kabupaten Waropen dan Yapen. Terdapat 13 distrik di area TNTC dengan populasi sekitar 3.000 individu, dimana masyarakatnya sangat menggantungkan diri pada kemurahan alam. Sebagian besar berprofesi sebagai peramu sagu dan nelayan. Karena lokasinya, desa-desa ini sulit dijangkau oleh program-program yang dijalankan pemerintah daerah.

Sejak 17 April 2012, WWF-Indonesia berinisiatif mengelola operasional Gurano Bintang sebagai tindak nyata dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitar perairan TNTC akan pendidikan dan pelayanan kesehatan. Upaya ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Wondama serta Balai Taman Nasional Teluk Cenderawasih sehingga tercipta sinergi tiga pihak yang produktif. Hingga saat ini, program KM. Gurano Bintang telah melayani sekitar 17 desa di sekitar perairan TNTC dan mendapat respon yang baik dari masyarakat Papua.

Program KM. Gurano Bintang meliputi kunjungan tim Pendidikan Lingkungan Hidup ke kampung-kampung, mengajak anak-anak usia sekolah belajar di atas kapal, pemutaran film mengenai konservasi lingkungan laut, penjelasan tentang berbagai pengetahuan alam dan cara-cara menjaga kelestariannya, diskusi, aktivitas edutainmen, dan pemberian tambahan makanan bergizi. Selain itu, dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan sederhana.
 

Program Donasi KM. Gurano Bintang

Kelangsungan program ini membutuhkan dukungan pendanaan dan partisipasi aktif dari masyarakat. Oleh karena itu, Program Donasi Gurano Bintang tercipta sebagai wadah bagi masyarakat luas agar dapat membantu pengadaan materi belajar, buku, bahan pangan bergizi, serta pembiayaan operasional KM. Gurano Bintang. Seluruhnya ditujukan untuk menjamin fasilitas program yang memadai bagi anak-anak dan masyarakat di sekitar kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih.
 

Kontribusi Anda dalam Mendukung Kelangsungan Program Pendidikan KM. Gurano Bintang

Anda dapat membantu tim WWF-Indonesia yang bekerja di KM. Gurano Bintang dengan berdonasi sebesar $15 atau Rp150.000,00

Donasi dapat dilakukan secara online melalui www.wwf.id/donate atau melalui transfer ke: 

World Wide Fund
124-00-0520-697-5
Bank Mandiri KCP. Jkt Mega Kuningan

Setelah mentransfer donasi, mohon mengisi formulir donasi kemudian kirimkan ke  supporter-service@wwf.id beserta bukti transfer.


Paket Gurano Bintang

Anda akan mendapat paket istimewa ini jika berdonasi melalui Program Gurano Bintang:


Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di:
Phone : (021) 576-1076
Email  : supporter-service@wwf.id


Terima kasih atas kontribusi Anda untuk mendukung pelestarian alam Indonesia!
  
	©
©

Bahasa | English

Donasi untuk kelangsungan Program Pendidikan KM. Gurano Bintang melalui UMB *123*50# (khusus untuk pengguna Indosat Ooredoo)