Sahabat Penyu | WWF Indonesia

Sahabat Penyu



Penyu Laut

Penyu Laut adalah spesies ikonik Indonesia dan seharusnya merupakan kebanggaan nasional, karena enam dari tujuh spesies yang ada di dunia dapat ditemukan di Indonesia. Empat di antaranya bahkan bertelur di pantai-pantai di sepanjang perairan Indonesia, yakni Penyu Hijau, Penyu Belimbing, Penyu Sisik, dan Penyu Lekang.

Perairan Indonesia merupakan rute perpindahan (migrasi) Penyu Laut yang terpenting di persimpangan Samudera Pasifik dan Hindia. Lebih dari itu, Indonesia tercatat memiliki pantai peneluran Penyu Belimbing terbesar di wilayah Pasifik, yaitu Abun, Papua, serta peneluran Penyu Hijau terbesar di Asia Tenggara, yaitu Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Penyu Laut memiliki umur reproduktif minimal 10 tahun sebelum kembali ke pantai kelahirannya untuk bertelur. Dari telur-telur yang menetas tersebut, hanya beberapa yang mampu selamat hingga mencapai usia kematangan seksual dan siap berkembang biak.

Bagi masyarakat pesisir di sekitar area peneluran, Penyu Laut memiliki beragam arti. Selain erat kaitannya dengan mitos dan tradisi lokal, daging dan telur Penyu Laut dikonsumsi masyarakat dan merupakan sumber protein sehari-hari. Sayangnya, sejak tiga dekade lalu berkembang perdagangan produk Penyu Laut, bahkan hingga ke pasar global. Angkanya kian tahun kian meningkat drastis. Perdagangan daging penyu banyak dilakukan di Bali, sedangkan perdagangan telur penyu dapat dengan mudah ditemukan di Kalimantan, Sumatera, dan Jawa.

Ancaman terhadap Kelangsungan Hidup Penyu Laut dan Habitatnya
IUCN telah menyatakan Penyu Laut masuk dalam Red List of Threatened Species (Daftar Merah Spesies yang Terancam). Sebagai spesies yang daur hidupnya secara alamiah sudah rentan, kelangsungan populasi Penyu Laut makin terancam dengan meningkatnya aktivitas manusia. Aktivitas-aktivitas tersebut mencakup hancurnya habitat dan tempat bersarang penyu, tangkapan sampingan (bycatch), pencurian telur, perdagangan ilegal produk penyu, dan berbagai eksploitasi yang membahayakan lingkungan. Hancurnya habitat penyu akan secara langsung membahayakan kelestarian spesies pemangsa ubur-ubur ini.

Peran WWF-Indonesia dalam Konservasi Penyu Laut
Sejak 1984 WWF-Indonesia terlibat dalam beberapa proyek dan program konservasi Penyu Laut. Di antaranya mempromosikan dan memfasilitasi pembentukan Kawasan Konservasi Perairan (KKP) berbasis Penyu Laut, pembentukan Kebijakan “Konsesi Penolakan Telur”, pembentukan kesepakatan dengan masyarakat terhadap perburuan Penyu Belimbing, peningkatan kepedulian terhadap status konservasi Penyu Belimbing di Berau dan Pulau Kei Kecil, implementasi alat tangkap ramah Penyu Laut dan penanganan terhadap Penyu Laut sebagai bycatch langsung di atas kapal nelayan, serta penandatanganan sejumlah nota kesepahaman dalam rangka perlindungan dan komitmen dari berbagai pihak terkait untuk kelangsungan hidup Penyu Laut di Indonesia.

Peran aktif individu terhadap berbagai upaya konservasi Penyu Laut diwadahi dalam sebuah program donasi “Sahabat Penyu”. Program donasi ini merupakan jawaban sekaligus tantangan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kelangsungan hidup Penyu Laut di masa mendatang.


Mari Bertindak Menyelamatkan Penyu, sang penjaga laut Indonesia!

WWF-Indonesia mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya konservasi Penyu di Indonesia melalui program “Sahabat Penyu”.

Anda dapat membantu tim WWF-Indonesia yang bekerja di lapangan untuk menyelamatkan Penyu dengan donasi minimal Rp100.000,00 (Seratus Ribu Rupiah) setiap bulan, atau Rp750.000,00 (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) untuk donasi satu kali.

Donasi Anda sangat berarti bagi kelestarian Penyu dan habitatnya serta untuk kesejahteraan generasi sekarang dan yang akan datang.

Donasi dapat dilakukan via online, auto debit kartu kredit VISA/MASTER/AMEX, atau auto debit rekening tabungan Bank Mandiri/BCA/BNI.
 

Anda akan mendapatkan paket istimewa jika Anda bergabung menjadi Sahabat Penyu.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Contact Center kami di (021) 5761076 atau email ke supporter-service@wwf.id



WWF-Indonesia bekerja sama dengan PT Karya Putra Surya Gemilang (KPSG) dalam aktivitas telefundraising, di bawah ini nomor telepon resmi outbond call program telefundraising kami:

Phone: +62 21 5317 0900
Mobile: 0856 9341 3419
Fax.: +62 21 527 3252


Donasi untuk pelestarian penyu melalui UMB *123*50# (khusus untuk pengguna Indosat Ooredoo)

FAQs (Frequently Asked Questions)