Sahabat Gajah | WWF Indonesia

Sahabat Gajah



Gajah Sumatera

Gajah Sumatera mempunyai ukuran tinggi badan sekitar 1,7-2,6 meter. Jika dibandingkan dengan Gajah Afrika, ukuran Gajah Sumatera lebih kecil. Saat ini kondisi populasinya semakin menurun seiring dengan tingginya laju kehilangan hutan Sumatera.

 
Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis) tinggal di dataran rendah, terutama di lokasi yang berdekatan dengan sungai. Setiap hari ia mengkonsumsi 200 kilogram makanan. Makanan tersebut akan menyisakan biji yang akan disebarkan dalam pengembaraan gajah yang bisa mencapai jarak 15 kilometer setiap harinya.

Gajah juga dikenal sebagai “Satwa Payung”. Hadirnya gajah di suatu lokasi berarti terdapat sumber daya yang mencukupi untuk mendukung kehidupan satwa lain yang mengindikasikan sehatnya suatu ekosistem.
 
Saat ini hanya tersisa 2.400 hingga 2.800 individu Gajah Sumatera di alam. Kehidupan mereka terancam oleh perburuan, deforestasi, dan hilangnya habitat, serta konflik dengan manusia.

WWF-Indonesia berusaha melindungi kelestarian Gajah Sumatera. Bekerja sama dengan pemerintah dan organisasi lain, WWF-Indonesia membentuk patroli gajah yang bertugas mencegah perburuan dan membongkar jerat yang membahayakan gajah. WWF-Indonesia juga mengedukasi masyarakat untuk menghentikan perburuan gajah.

Sejak 2004 WWF-Indonesia mengelola Taman Nasional Tesso Nilo di Provinsi Riau sebagai salah satu langkah maju dalam usaha konservasi Gajah Sumatera.

Di Tesso Nilo, WWF-Indonesia membentuk Elephant Flying Squad. Squad yang terdiri dari gajah-gajah jinak terlatih ini bertugas menghalau gajah liar yang memasuki permukiman warga agar kembali ke habitatnya sehingga mengurangi konflik antara gajah dan manusia.
 

Sahabat Gajah

 
WWF-Indonesia mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya konservasi Gajah Sumatera. Oleh karena itu, WWF-Indonesia meluncurkan program “Sahabat Gajah” sebagai wadah bagi masyarakat luas yang memiliki kepedulian terhadap kelestarian gajah dan ingin berkontribusi secara langsung dalam upaya penyelamatan satwa mamalia terbesar yang hidup di darat ini.
 
 
Kontribusi Anda dalam Upaya Penyelamatan Gajah Sumatera
 
Anda dapat membantu tim WWF-Indonesia yang bekerja di lapangan untuk menyelamatkan Gajah Sumatera dengan donasi minimal Rp 100.000,00 (Seratus Ribu Rupiah) setiap bulan, atau Rp 750.000,00 (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) untuk donasi satu kali.

Namun, Anda dapat menambah jumlah donasi sesuai dengan keinginan Anda. Donasi Anda sangat berarti bagi kelestarian Gajah Sumatera dan habitatnya, dan tentu saja untuk kesejahteraan generasi sekarang dan yang akan datang.

Donasi dapat dilakukan via online, auto debit kartu kredit VISA/MASTER/AMEX, atau auto debit rekening tabungan Bank Mandiri/BCA.
 

Anda akan mendapatkan paket istimewa jika Anda bergabung menjadi Sahabat Gajah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program donasi ini, silakan mengirimkan email ke:
Supporter-service@wwf.id

Atau, hubungi Contact Center kami di (021) 576-1076

WWF-Indonesia bekerja sama dengan PT Karya Putra Surya Gemilang (KPSG) dalam aktivitas telefundraising, di bawah ini nomor telepon resmi outbond call program telefundraising kami:

Phone: +62 21 5317 0900
Mobile: 0856 9341 3419
Facs.: +62 21 527 3252
Donasi untuk pelestarian gajah melalui UMB *123*50# (khusus untuk pengguna Indosat Ooredoo)