Produk Olahan Aloe Vera | WWF Indonesia

Produk Olahan Aloe Vera



Produk Olahan Aloe Vera

Penanaman Aloe vera atau yang dikenal umum sebagai "lidah buaya" sudah menjadi pilihan alternatif ekonomi beberapa kelompok masyarakat di sekitar Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah.

Budidaya tanaman Aloe vera dilakukan para petani tanpa menggunakan pestisida atau zat kimia apapun. Sementara, para ibu menampung hasil panen dan mengolahnya dengan cara yang sehat menjadi berbagai produk. Ada dua kelompok perempuan yang mengolah Aloe vera tersebut. Satu kelompok memproduksi teh, dodol, dan cendol sedangkan kelompok satunya membuat minuman “Seka Vera” (semacam nata de coco).

Petani dan kelompok perempuan di sekitar TN Sebangau tersebut berhasil mengembangkan usaha produk lidah buaya sebagai sumber pendapatan tambahan sekaligus mengurangi ketergantungan mereka pada sumber daya alam di kawasan konservasi.

Teh herbal lidah buaya dibuat melalui proses yang cukup cermat. Awalnya, kulit pelepah Aloe vera dibersihkan lalu dirajang kecil-kecil. Setelah itu, hasil rajangan dikeringkan. Proses pengeringan pun tidak luput dari pemantauan kebersihan. Hasilnya adalah teh herbal yang unik yang berbeda dengan teh biasa, baik dari segi rasa maupun aromanya. Menurut penelitian Aloevera Center di Pontianak, teh Aloe vera terbukti sebagai minuman sehat yang berkhasiat membantu melancarkan pembuangan zat kimia dan memperkuat sel dan jaringan tubuh.

Daging pelepah Aloe vera juga merupakan bahan baku utama pembuatan minuman dingin “Seka Vera”. Saat ini, minuman dingin “Seka Vera” telah menjadi kegemaran banyak kalangan di Palangkaraya, karena enak rasanya dan menyegarkan.

Untuk informasi produk dan penjualan lebih lanjut, hubungi:

  1. Bpk. Maryudi, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau
  2. Drs Wilyadi, Ketua Forum Masyarakat Sebangau, Desa Sebangau Permai, Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau. HP: 0815288205941 atau 081528257273
  3. Kelompok ibu-ibu “Mekar Jaya”a.n. Ibu Maryudi 085305130345
  4. Kelompok ibu-ibu “Seka Vera” a.n. Ibu Saukani 08524979345
Usaha pengolahan lidah buaya di Sebangau adalah produk yang GREEN, karena:
  • sistem pertanian dan pemanenannya memperhatikan sisi keberlanjutan
  • kegiatan ini membantu pengelolaan kawasan konservasi di TN Sebangau
  • produk lidah buaya ini tidak menggunakan pestisida dan bahan kimia apapun
  • diolah secara higienis
Usaha pengolahan lidah buaya di Sebangau adalah produk yang FAIR, karena:
  • Usaha kecil yang diolah oleh kelompok masyarakat di sekitar TN Sebangau
  • Sistem perdagangan dilakukan dengan kesepakatan yang adil dan transparan antara produsen dan distributor
  • Pengolahan lidah buaya ini memberikan tambahan pendapatan bagi masyarakat sekitar taman nasional.