Lokakarya untuk Lembaga Jasa Keuangan: “Langkah Awal Memulai Keuangan Berkelanjutan” | WWF Indonesia

Lokakarya untuk Lembaga Jasa Keuangan: “Langkah Awal Memulai Keuangan Berkelanjutan”



Posted on 19 May 2015   |  
© WWF-Indonesia/Lie Tangkepayung
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memulai inisiatif ekonomi berkelanjutan dengan merumuskan roadmap keuangan berkelanjutan 2014—2019. Lembaga jasa keuangan di Indonesia dipacu untuk berkomitmen dan melangkah di jalan yang telah digagas ini.

Fokus sasaran ke-1 dan ke-3 roadmap tersebut pada periode lima tahun pertama adalah untuk meningkatkan pendanaan ramah lingkungan guna membentuk daya saing lembaga jasa keuangan (LJK) di bidang keuangan berkelanjutan; serta upaya penguatan penerapan manajemen risiko, tata kelola perusahaan yang baik/ good corporate governance (GCG) pada aspek lingkungan hidup dan sosial.

Untuk itu, OJK bersama WWF-Indonesia berencana menggelar workshop yang bertajuk “Langkah Awal untuk Memulai Keuangan Berkelanjutan”.

Workshop bagi Lembaga Jasa Keuangan (LJK) ini digelar untuk meningkatkan kapasitas dan memperkaya pengetahuan seputar pembangunan sektor keuangan yang berkelanjutan, salah satunya adalah integrasi lingkungan, sosial dan tata kelola (LST) atau environmental, social and governance (ESG) dalam aktivitas finansial.

Sebuah panduan integrasi LST telah dikembangkan WWF untuk mendukung program keuangan berkelanjutan di Indonesia. Workshop panduan integrasi LST ini dinilai penting untuk meningkatkan kesiapan LJK mempraktikkan keuangan berkelanjutan secara sukarela di periode awal roadmap program keuangan berkelanjutan yang telah digagas OJK Desember 2014 lalu.

Peran aktif LJK untuk menerapkan integrasi LST dalam perhitungan bisnisnya sangat diharapkan untuk terciptanya ekonomi berkelanjutan. Fakta juga menyebutkan bahwa integrasi isu lingkungan, sosial dan tata kelola memberikan pengaruh besar terhadap kestabilan dan pertumbuhan ekonomi.

Workshop ini adalah langkah awal memulai komitmen tersebut. Langkah ini akan memastikan lembaga jasa keuangan untuk turut serta berperan dalam perkembangan ekonomi berkelanjutan.

Sasaran
Menggambarkan program sustainable finance di Indonesia dan peranan konkret lembaga jasa keuangan terhadap target-target dan komitmen pemerintah dalam pembangunan ekonomi baru.

Meningkatkan kapasitas dan memperkaya pengetahuan seputar pembangunan sektor keuangan yang berkelanjutan, salah satunya adalah integrasi LST dalam aktivitas finansial.

Membantu LJK  untuk menyadari dampak faktor LST di dalam bisnis utamanya, memperlihatkan bahwa integrasi LST dapat mendorong penciptaan nilai melalui inovasi produk, sebagai tindakan antisipasi tren baru, manajemen risiko yang lebih baik dan alokasi modal yang lebih optimal serta menjadi katalis perubahan organisasi.

Membantu LJK yang baru melangkah atau sudah memulai implementasi sustainable finance secara sukarela guna mempersiapkan organisasinya menuju periode efektif  implementasi program keuangan berkelanjutan di tahun 2020.

Tempat dan Waktu
Ruang Timor, Hotel Borobudur – Jl. Lapangan Banteng Selatan No.1, Jakarta Pusat
Tanggal/ Hari         : Kamis, 21 Mei 2015
Waktu                   : 08.30 – 16.40 WIB
 
Target Peserta
Masing-masing perwakilan LJK yang berpartisipasi pada workshop ini diharapkan menghadirkan perwakilan yang terdiri dari:
1 Pejabat Pimpinan – diharapkan dapat hadir pada Sesi ke-1
1 Staf Senior dari bagian Perencanaan – diharapkan dapat hadir pada Sesi ke-1 dan ke-2
1 Staf Senior dari bagian Bisnis – diharapkan dapat hadir pada Sesi ke-1 dan ke-2
1 Staf Senior dari bagian Risiko – diharapkan dapat hadir pada Sesi ke-1 dan ke-2

Workshop hanya untuk tamu undangan
RSVP to:
Nuriah Zuriah 
021 296-00000 ext. 4356 | nuriah.zuriah@ojk.go.id
Widya
021 296-00000 ext. 7982 | pcs.tri.widya@ojk.go.id
© WWF-Indonesia/Lie Tangkepayung Enlarge
Workshop untuk Lembaga Jasa Keuangan: “Langkah Awal Memulai Keuangan Berkelanjutan”
© WWF-Indonesia Enlarge

Comments

blog comments powered by Disqus