Beasiswa Film Pendek: Kampanye 'Beli yang Baik' | WWF Indonesia

Beasiswa Film Pendek: Kampanye 'Beli yang Baik'



Posted on 01 February 2019   |  
Poster Beasiswa Film Pendek: Kampanye 'Beli yang Baik'
© WWF-Indonesia
Dalam rangka mendukung upaya mengatasi perubahan iklim melalui penurunan emisi gas rumah kaca, WWF-Indonesia dengan dukungan pemerintah Jerman menginisiasi program Pembangunan Pola Konsumsi dan Produksi Rendah Emisi Karbon yang bertujuan memasukkan prinsip-prinsip produksi dan konsumsi berkelanjutan (sustainable consumption and production) dalam kebijakan, bisnis dan pergerakan masyarakat.
 
WWF-Indonesia menyasar perubahan di tingkat masyarakat melalui upaya penyadartahuan dan peningkatan pemahaman masyarakat sebagai konsumen, mengenai praktik konsumen yang bertanggung jawab. Hal ini dilakukan dengan menyempurnakan kampanye ‘Beli Yang Baik’ yang telah diinisiasi WWF-Indonesia sejak tahun 2015. Melalui proses konsultasi dengan konsultan komunikasi strategis, dihasilkan strategi baru kampanye Beli Yang Baik dengan enam pesan turunan utama ‘Beli Yang Baik’, yaitu: Beli Yang Perlu, Beli Yang Lokal, Beli Yang Alami, Beli Yang Awet, Beli Yang Ekolabel, Mau Dibawa Kemana
 
Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi media sosial, video merupakan salah satu sumber informasi yang paling diminati netizen dan paling mudah mendapat perhatian publik pada umumnya. Oleh karena itu, WWF-Indonesia memilih audio visual sebagai materi komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan dan edukasi kepada publik guna memperluas dan meningkatkan pemahaman mengenai konsumsi bertanggung jawab.
 
WWF-Indonesia bekerja sama dengan MondiBlanc Film Workshop menggagas pelaksanaan “Kompetisi Beasiswa Film Pendek: Kampanye Beli Yang Baik” yang bertujuan mengundang partisipasi publik untuk menghasilkan karya seni sekaligus berkontribusi bagi upaya perlindungan kenekaragaman hayati. Sepuluh peserta terpilih akan berkesempatan untuk mempelajari teknis pembuatan film dari sejumlah pakar perfilman Indonesia, termasuk pendampingan dari sejumlah praktisi film dari berbagai genre.
 
Kegiatan pembekalan akan dilakukan dalam sesi workshop selama 1 minggu dimana peserta akan mengembangkan gagasan cerita menjadi sebuah naskah yang selanjutnya akan diproduksi menjadi sebuah film pendek. Pada akhir workshop, naskah cerita terbaik akan memperoleh hadiah utama dalam bentuk uang tunai dan hasil karyanya yang diproduksi oleh WWF-Indonesia menjadi video kampanye ‘Beli Yang Baik’ yang akan disebarluaskan secara nasional di berbagai kanal komunikasi WWF-Indonesia dan para mitra yang mendukung kampanye ‘Beli Yang Baik’.
 
Bagi Sobat yang tertarik mendaftar sebagai calon peserta beasiswa film pendek ini bisa mengikuti syarat dan ketentuan di bawah ini:
  1. Kirimkan ide ceritamu dalam bentuk premis dan synopsis via e-mail ke: campaign@wwf.id
  2. Film yang dihasilkan wajib memasukkan pesan-pesan kampanye ‘Beli Yang Baik’: Beli Yang Perlu, Beli Yang Lokal, Beli Yang Alami, Beli Yang Awet, Beli Yang Ekolabel, Mau Dibawa Kemana. (Cek info tentang kampanye ‘Beli Yang Baik’ dalam file PDF di halaman ini)
  3. Peserta yang terpilih bersedia mengikuti kegiatan workshop selama 7 hari pada tanggal 3-10 Maret 2019 di area Jabodetabek.
  4. Pengiriman premis dan sinopsis ditunggu paling lambat hingga 17 Februari 2019.
Peserta yang terpilih untuk mengikuti workshop akan diumumkan pada tanggal 19 Februari 2019.

Comments

blog comments powered by Disqus