Tentang Iklim & Energi | WWF Indonesia

Tentang Iklim & Energi



Program Iklim dan Energi

Climate Change atau Perubahan iklim pada dasarnya merupakan peristiwa alam yang alami. Namun, akibat ulah manusia melepaskan sejumlah besar gas rumah kaca, salah satunya karbondioksida, ke atmosfer sehingga menyebabkan kenaikan rata-rata temperatur bumi yang tidak wajar (Global Warming atau Pemanasan Global).

Kejadian ini mempengaruhi ekosistem dan mengakibatkan kepunahan terjadi lebih cepat. Oleh karena itu, Perubahan Iklim menjadi satu ancaman serius bagi kelangsungan kehidupan manusia, fauna, dan keanekaragaman hayati.
 

Para ahli Perubahan Iklim mencatat kenaikan temperatur bumi telah mencapai 1,4oC hingga 5,8oC daripada semestinya. Dikhawatirkan apabila dalam abad ini kenaikannya mencapai lebih dari 2oC maka akan banyak terjadi kepunahan, terutama di daerah Kutub dan Tropis.
 

Di Indonesia, dua peristiwa yang dapat mengambarkan dasyatnya ancaman Perubahan Iklim adalah kebakaran hutan (khususnya di Kalimantan) dan peristiwa pemucatan terumbu karang (Coral Bleaching) yang sangat parah pada tahun 1997-1998. Kedua peristiwa ini diyakini akibat makin seringnya terjadi El Nino/La Nina karena Pemanasan Global.
 

Indonesia, sebagai negara yang bergantung pada kekayaan alam, peristiwa seperti kebakaran hutan dan pemucatan terumbu karang akan menjadi permasalahan serius. Terutama pada masyarakat yang tinggal di daerah sekitar hutan dan pesisir pantai.
 

Sementara itu, Indonesia memiliki potensi sebagai salah satu penghasil emisi karbon terbesar di Asia Pasifik. Kenapa? Besarnya tingkat penggunaan energi berbahan bakar fosil (minyak bumi, gas alam, batu bara) sebagai sumber tenaga listrik. Sedangkan permintaan kebutuhan listrik semakin tinggi. Artinya, makin banyak karbondioksida yang dilepas ke udara dan berpotensi memperparah Pemanasan Global.
 

Menyadari hal tersebut, mulai tahun 2001 WWF-Indonesia membuka Program Iklim dan Energi (Climate and Energy Programme) yang memfokuskan kegiatannya pada dua sisi koin Perubahan Iklim:

  • Solusi dan mencari alternatif untuk beralih dari sumber pemanasan global (berbahan bakar fosil) menjadi pemanfaatan energi berkelanjutan (pemakaian energi bersih/clean and green energy) dan pemanfaatan energi dengan efisien
  • Solusi dan pengembangan strategi adaptasi bagi keanekaragaman hayati dan manusia dalam meminimalisi ancaman-ancaman lain di luar Perubahan Iklim sehingga kerusakan dan kepunahan dapat dihambat.
Greenhouse 
	© IPCC
Greenhouse
© IPCC
Efek Gas Rumah Kaca

(klik image untuk lihat tampilan lebih besar)